Banyak sekali berbagai jenis garpu yang beredar dan dipakai oleh Sobat Fenny. Garpu pada umumnya memiliki kegunaan. Garpu adalah peralatan dapur yang memiliki ciri fisik yang terdiri dari sebuah pegangan dengan beberapa gigi tipis pada ujung yang lainnya. Pada umumnya garpu mempunyai 3 ataupun 4 gigi, akan tetapi beberapa jenis garpu hanya memiliki 2 gigi. Peralatan makan yang pada umumnya digunakan orang Barat, sedangkan sumpit digunakan pada masyarakat Asia Timur. Untuk perbedaanya bisa dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Snail Fork

Garpu kecil yang memiliki karakteristik 2 gigi, dengan ukurannya sekitar 12 cm, berfungsi untuk mengambil hidangan aperitifs, seperti siput, zaitun, canapes, makanan pembuka, maupun hidangan berukuran kecil lainnya.

2. Serving Fork

Penggunaannya sama seperti Sendok. Forks lebih besar kegunaannya daripada Table Forks dan dapat digunakan untuk mengambil berbagai jenis lauk. Dalam penggunaan forks memiliki 3 tines dan bentuknya yang khusus dapat membantu dalam pengambilan daging dengan irisan yang tipis. 

3. Roast Fork

Jenis garpu yang memiliki 2 gigi yang dirancang untuk menusuk daging pada saat proses pemotongan dan pembalikan daging saat dimasak.

4. Pastry Fork

Garpu yang memiliki karakteristik fisik seperti garpu salad, tetapi perbedaannya yaitu lebih sempit dan sedikit lebih pendek, dengan ukuran panjangnya yaitu sekitar 13 cm hingga 14 cm. Pada bagian kiri gigi garpu terdapat lekukan dan dapat disajikan sebagai makanan penutup.

5. Seafood Fork

Garpu yang dikenal sebagai garpu koktail, sempit, bergigi tiga kecil dan pendek, dan memiliki pegangan garpu panjangnya sekitar 11 cm hingga 14 cm. Garpu seafood merupakan garpu keempat yang ada di atas meja makan dan diletakkan di sebelah kanan sendok sup.

6. Strawberry Fork

Garpu yang memiliki 3 buah gigi sempit dan memiliki panjang garpu sekitar 12 cm hingga 14 cm. Fungsi pada garpu ini untuk menusuk stroberi segar dan mencelupkannya ke gula bubuk, gula merah, whipped cream, atau krim asam.

7. Oyster Fork

Garpu yang memiliki ukuran kecil dengan 3 buah gigi dan memiliki panjang sekitar 10 cm. Bagian pada kiri garpu memiliki ukuran sangat lebar dalam membantu dalam memotong membran yang menghubungkan tiram ke cangkang.

Nah, jangan bingung lagi ya Sobat Fenny beragam jenis garpu di meja makan Anda saat perjamuan makan anda, tinggal sesuaikan dengan kegunaanya ya Sobat Fenny!

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *