Halo baking lovers dalam pembuatan kue sendiri menghias ataupun mendekorasi cake adalah salah satu hal yang sangat penting dalam bisnis food and beverage. Penilaian konsumen tidak hanya dari rasa yang lezat, tetapi cake harus menawan agar menarik terlihat dan mampu menarik perhatian konsumen. Adapun beberapa teknik dalam mendekorasi cake. Dalam mempercantik tampilannya, adapun beberapa jenis bahan yang digunakan dalam mendekorasi cake yang kita dapat lihat di bawah ini: 

  1. Buttercream

Buttercream adalah krim yang berbahan dasar dari campuran susu, margarin dan juga gula yang dikocok sampai lembut. Pada umumnya buttercream diolesi ke permukaan cake dengan fungsi untuk menutupi seluruh permukaannya sebelum dihias, dengan tujuan sebagai 

lem agar hiasan lain yang akan diletakkan pada cake bisa menempel dengan sempurna dan tambahkan pewarna makanan agar tampilan makanan lebih cantik, dan tampilannya semakin cantik jika dihias dengan menggunakan spuit.

2. Plastic Icing (Fondant)

Plastic icing atau yang biasa disebut dengan fondant memiliki tekstur plastik yang elastis sehingga memudahkan pembentukannya sesuai dengan selera. Pada umumnya fondant dapat digunakan dalam pembuatan hiasan ornamen seperti bunga, pita, maupun karakter lainnya. 

Bahan dalam pembuatan fondant yaitu air, gula, gelatin, glukosadan gliserin, dengan rasa yang dihasilkan yaitu dominan manis karena mengandung gula yang cukup banyak.

3. Gum Paste

Gum paste mempunyai tekstur yang menyerupai fondant, akan tetapi memiliki perbedaan jika gum paste didiamkan maka akan mengeras. Gum paste digunakan untuk membentuk aneka hiasan yang lucu-lucu serta berguna untuk mempercantik cake. Bahan yang pada umumnya digunakan dalam pembuatan gum paste antara lain glukosa, gelatin bubuk, air, dan gula halus yang diayak. 

pembuatan gum paste antara lain glukosa, gelatin bubuk, air, dan gula halus yang diayak. 

4. Royal Icing

Royal icing adalah lapisan gula putih murni yang dapat mengering secara halus dan memiliki tekstur yang keras. Teknik dalam pembuatan royal icing ini dengan menggunakan dua cara, yaitu dengan menggunakan putih telur atau meringue powder. Dalam pembuatan royal icing harus menggunakan cekatan, karena royal icing jika didiamkan terlalu lama royal icing mudah mengeras.

4. Coklat

Siapa disini yang tidak suka makan coklat? Coklat bisa dijadikan kudapan ataupun olesan cake favorit oleh masyarakat Indonesia, karena coklat sangat mudah dikreasikan dengan beragam jenis cake. Untuk keperluan dekorasi cake, coklat yang dipakai yaitu Chocolate Modelling yang terbuat dari coklat, tepung, maizena, dan cairan glukosa.

Pada zaman sekarang ini banyak sekali ditemukan cake dengan bentuknya yang unik dan sangat berbeda. Hal yang terpenting yaitu kualitas bahan yang dipakai dalam pembuatan krim cake itu sendiri.

Dengan memadukan antara jenis-jenis bahan yang berkualitas untuk mendekorasi cake di atas, perlunya kreativitas yang dimiliki oleh Baking Lovers. Banyak banget pilihan dan variasi topping yang tersedia Toko Fenny ya! Harganya terjangkau dan produknya berkualitas. Yuk gercep Sobat Fenny!

Uncategorized Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *