Dalam membuat berbagai masakan membutuhkan proses yang panjang dengan tujuan untuk menghasilkan kualitas yang terbaik. Salah satu contohnya dalam memasak daging. Pada proses pemasakan daging kita perlu mengetahui tingkat kualitas di dalamnya. Agar dapat mengetahui kematangan di dalam daging itu sendiri diperlukan termometer agar dapat mengetahui tingkat kualitas daging atau dapat memastikan daging merata secara sempurna. Banyak dan beragam jenis termometer yang dijual di pasaran dapat disimak sebagai berikut:

1. Termometer Oven

Bagi Sahabat Fenny yang memiliki oven manual, harus banget nih punya termometer jenis ini. Pada oven jenis ini pengaturan suhunya dapat diatur sesuai keinginan. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu dengan cara meletakkan termometer pada depan oven ataupun dapat dimasukkan ke dalam oven.

2. Termometer Daging

Supaya mendapatkan tingkat kematangan daging yang sempurna, daging yang berukuran tebal sangat tepat menggunakan termometer ini. Hal yang harus diperhatikan yaitu jangan menggunakan daging yang berukuran tipis mengakibatkan daging terlalu matang. Cara penggunaannya yaitu letakkan pada atas daging dengan menggunakan waktu 10 menit.

3. Thermometer tusuk

Memiliki kesamaan fungsi yaitu untuk mengukur suhu tubuh. Jika pengaplikasian pada makanan yaitu dapat ditancapkan pada adonan roti atau daging untuk mengukur tingkat kematangannya. Selain dapat diaplikasikan pada adonan, termometer ini dapat berfungsi juga pada adonan cairan, contohnya untuk adonan cair gula yang dapat dimasak menjadi karamel.

4. Termometer infrared

Cara penggunaannya yaitu dekatkan termometer pada makanan yang diolah, dengan otomatis termometer akan mengidentifikasi suhu pada adonan tersebut. Hal yang harus diperhatikan yaitu menjauhkan jangkauan thermometer ini pada panas api. Karena tingkat kepanasan yang terlalu tinggi membuat thermometer menjadi tidak akurat.

5. Termokopel

Termokopel merupakan termometer yang paling cepat dan canggih, jika diperbandingkan dengan semua termometer masak lainnya. Membutuhkan waktu 5 detik saja kamu bisa mengukur tingkat kematangan dalam masakan. Kelebihan yang dimiliki yaitu mempunyai 2 sudut yang mampu mendeteksi makanan dengan lebih cepat, yaitu pada bagian sisi sudutnya yang mengarah pada makanan.

6. Termometer celup

Memiliki fungsi yang dapat berguna untuk mendeteksi suhu pada bahan makanan cair dengan contohnya susu, agar panas yang digunakan pas sehingga dapat memusnahkan susu di dalamnya. Namun proses pembersihan termometer ini cukup rumit, lho.

 

Walaupun digunakan pada bahan cairan, harus tetap berhati-hati fungsinya pun bisa tidak akurat jika menyentuh dasar bahan. Adanya usaha extra agar termometer tetap pada adonan yang dituju.

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *