Margarin Vs Mentega, Mana Yang Paling Cocok sebagai Bahan Kue ?

204

Margarin dan mentega merupakan dua bahan yang sangat populer untuk membuat kue kering dan kue basah. Keduanya sering dikira serupa meski aslinya tidak sama. Perbedaan margarin dan mentega memang agak sulit untuk dibedakan. Mungkin tidak jarang pula kamu merasa kesulitan dan kebingungan ketika melihat resep suatu makanan yang terkadang dalam bahan pembuatannya menggunakan margarin dan ada juga yang menyebutnya mentega. Padahal keduanya tidak sama. Lalu, apa sih perbedaan antara margarin dan mentega? Simak artikel ini sampai selesai agar kamu bisa menggunakan bahan yang tepat dan sesuai untuk membuat kue dan jajanan lainnya.

 

Perbedaan Bahan Baku Margarin dan Mentega

 Perbedaan yang paling menonjol antara margarin dan kue adalah bahan baku yang digunakan. Margarin terbuat dari lemak nabati yakni minyak sayur. Sedangkan mentega sendiri terbuat dari lemah hewani. Keduanya akan memiliki tekstur yang berbeda ketika diaplikasikan dalam proses membuat kue. Pada margarin terdapat kandungan lemak yang beragam yakni sebanyak 10 sampai 90 persen sehingga semakin sedikit kandungan lemak yang ada , akan semakin banyak atau besar kandungan air pada margarin. Sebab kandungan air yang dimiliki akan menghasilkan tekstur kue yang tidak selembut mentega.  Namun, margarin dapat membuat tekstur kue menjadi lebih kokoh dibandingkan kue yang diolah menggunakan mentega.

 Dikutip dari jurnal yang dipublikasikan di National library of medicine yaitu mentega mengandung beberapa nutrisi yang tidak ditemukan pada banyak makanan lainnya. Mentega yang berasal dari sapi pemakan rumput bisa memberikan beberapa vitamin K2 yang disebut memiliki hubungan dengan kesehatan tulang. Dalam sisi kesehatan, lemak jenuh dalam mentega bisa meningkatkan kadar kolestrol LDL (kolestrol jahat). Hal itu disebabkan karena efek kadar kolestrol secara keseluruhan terjadi pada arteri. Lemak trans dari margarin tidak meningkatkan kolestrol LDL setinggi lemak jenuh. Namun perlu diwaspadai bahwa kandungan lemak trans ketika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan risiko masalah penyakit jantung dan masalah kesehatan kronis lainnya. 

Cara Membedakan Margarin dan Mentega

Pada umumnya mentega memiliki lebih pucat dibandingkan margarin. Namun, saat ini ada juga margarin yang berwarna putih atau mentega yang berwarna kuning matang. Jadi, , memang agak sulit untuk membedakannya.Cara membedakan keduanya juga bisa dengan cara  mencium aromanya. Mentega memiliki aroma yang lebih berlemak daripada margarin. Margarin juga lebih lambat meleleh jika dibandingkan mentega, terutama saat berada di suhu ruang.

Gorengan, tumis, atau aneka masakan lain yang dibuat menggunakan campuran mentega biasanya memiliki aroma yang lebih berlemak dan memiliki rasa gurih yang lebih berasa. Sementara margarin cenderung lebih ringan di lidah. Margarin bisa digunakan  untuk pengganti mentega dalam resep kue kering . Namun, hasilnya tentu akan tidak sama . Kue yang dibuat dengan mentega lebih lembut dan mengembang, sementara kue dengan campuran margarin lebih padat dan kokoh.

Nah, jadi sekarang kamu tentu tidak bingung lagi untuk membedakan mentega dan margarin. Keduanya sama-sama cocok untuk membuat kue, namun tentu hasilnya berbeda ya. Tapi yang lebih penting dari itu , pilihlah merek margarin atau mentega dengan merek berkualitas agar masakanmu memiliki rasa yang berkualitas pula dengan keamanan yang terjaga.

 

 

Close
Your custom text © Copyright 2020. All rights reserved.
Close