Sahabat Fenny pasti sering bingung nih mengenai Oat dan Gandum. Banyak orang yang awam beranggapan Oat adalah produk dari Gandum, tetapi sebenarnya tidak.

Oat maupun gandum, keduanya sama yaitu tergolong ke dalam tumbuhan serealia. Namun mereka keduanya memiliki manfaat yang berbeda untuk tubuh. Yuk simak artikel di bawah ini agar Sahabat Fenny paham perbedaan Oat dan Gandum, sehingga Sahabat Fenny dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Sobat Fenny ya

  1. Oat

Oat adalah serealia yang masih memiliki biji sereal utuh yang memiliki lapisan kulit ari dan bakal biji juga merupakan sumber karbohidrat, sehingga manfaatnya lebih baik jika dibandingkan beras.

Oat sangat baik bagi kesehatan karena memiliki kandungan protein, serat, vitamin dan mineral yang lebih tinggi kaya akan nutrisi. Vitamin yang dikandungnya yaitu  termasuk vitamin E dan sejumlah nutrisi, zat besi dan juga kalsium.

Memiliki kandungan protein dua kali lebih banyak daripada gandum utuh atau jagung utuh. Oat yang masih mengandung endosperm, dedak dan kuman, dan memiliki jenis serat tertentu yang disebut beta-glukan yang terbukti sangat efektif untuk menurunkan kolesterol yang sangat tepat dikonsumsi oleh orang pengidap diabetes.

Oat mengandung karbohidrat kompleks kaya akan serat, dan memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengendalikan berat badan. 

2. Gandum

Gandum merupakan tanaman rerumputan dan bahan mentah yang dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan tepung roti, kue, dan pastry. Gandum mempunyai kandungan serat tidak larut yang dapat berfungsi untuk melancarkan buang air besar.

Gandum bisa mengikat kuat asam empedu dan membentuknya sebagai kotoran, sehingga melancarkan proses buang air besar.

Manfaat kesehatan yang diberikan yaitu membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko sindrom metabolik, menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan membantu mencegah batu empedu. Gandum bisa menjadi pilihan bagi para penderita jantung.

Gandum utuh dapat ditemukan dalam berbagai produk seperti sereal, roti, maupun aneka ragam jenis kue. Gandum merupakan produk mentah sehingga harus diolah terlebih dahulu menjadi tepung sehingga dapat dijadikan bahan baku untuk pembuatan makanan. Selain itu dapat digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan minuman seperti bir atau minuman yang mengandung alkohol lainnya. 

Oat maupun gandum bermanfaat untuk membantu penurunan berat badan. Pilih dan sesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda ya Sobat Fenny. Dapat dikonsumsi dengan kombinasi dari keduanya ya Sahabat Fenny agar terhindar dari risiko diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Kamus Baking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *