Dalam pembuatan kue, Sahabat Fenny pasti masih ada yang sering bingung nih dalam membedakan atau memilih sebaiknya menggunakan Butter, Mentega dan Margarin ya? Butter, Mentega dan Margarin sekilas mirip tetapi tidaklah sama.

Nah untuk sobat Fenny yang masih belum tahu perbedaan antara Butter, Mentega atau Margarin yuk kupas tuntas mengenai perbedaannya di bawah ini:

  1. Butter (Mentega)

Butter merupakan mentega yang berasal dari cream susu atau lemak hewani yang dipadatkan. Warna dari Butter sendiri tampak lebih putih/ lebih cerah dibandingkan margarin. Harganya pun sedikit lebih mahal, karena memiliki beberapa keunggulan seperti aroma susu dan rasanya lebih gurih. 

Butter adalah produk alami yang tidak mengandung trans-fatty (asam lemak trans). Butter (Mentega) mengandung sumber vitamin seperti A, D, E, K yang dapat larut dalam lemak. Untuk teksturnya Butter lebih lembut dan mudah meleleh walaupun diletakkan dalam suhu ruangan. 

  1. Margarin 

Margarin berbahan dasar menggunakan lemak nabati, yang diperoleh dari kelapa sawit. Lemak nabatinya diperoleh dari minyak kelapa yang dibuat melalui proses hidrogenasi, yaitu dengan menggunakan gas hidrogen untuk mengubah bentuk cair menjadi bentuk padat. 

Untuk teksturnya, margarin memiliki tekstur yang lebih padat, tidak mudah meleleh (stabil dalam suhu ruang), dan warna nya lebih kuning daripada mentega. Keunggulan yang dapat diberikan yaitu Margarin dapat memiliki daya emulsi yang baik. Daya emulsi berguna untuk mengurangi lemah roti, sehingga menghasilkan tekstur kue yang baik. Akan tetapi kelemahannya yaitu aromanya kalah wangi dibandingkan Butter (Mentega). 

Nah sekarang sudah jelas kan mengenai perbedaannya? Butter (Mentega) dan Margarine  memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Jangan lupa, penggunaannya sesuaikan dengan resep dan kebutuhan Sobat Fenny ya! 

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *