Hai Sahabat Fenny, sudah tahukah mengenai perbedaan susu kental manis dan susu evaporasi? Kedua susu ini sama-sama dikemas di dalam kaleng yang sering membuat kita bingung ya. Jadi, susu kental manis mempunyai istilahnya sendiri dalam bahasa bahasa Inggris yaitu condensed milk. Tetapi nama populer yang sering kita dengar adalah Susu Evaporasi atau Evaporated Milk.  Di Indonesia susu kental manis lebih dikenal dengan nama kental manis karena kandungan susunya tidak ada sama sekali. Akan tetapi di luar negeri, banyak yang menggunakan bahan bakunya dengan susu segar. Buat Sobat Fenny yang masih suka bingung mau pakai susu jenis yang mana, yuk simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Susu Kental Manis

Susu kental manis (condensed milk) masih segolongan susu evaporasi yang dibuat dengan cara penguapan agar airnya hilang. Selain itu adanya penambahan gula yang banyak pada saat pembuatannya. Jadilah susu yang kental dan manis. Sangat tepat dijadikan sebagai pemanis tambahan pada makanan dan minuman. 

Masa kadaluarsanya nya lebih panjang dibandingkan susu jenis lainnya, tapi tidak berlaku bagi susu kental manis yang telah dibuka kemasannya ya Sobat Fenny!

2. Susu Evaporasi

Susu Evaporasi merupakan susu yang melalui proses penguapan lebih dari setengah kadar air, yang berkisar 60 persen. Untuk hasilnya cairan akan memiliki tekstur yang lebih kental dan juga lebih tebal daripada susu murni biasa. Sangat tepat untuk membuat hidangan manis ataupun gurih. Sebagian besar air yang dihilangkan, menghasilkan susu evaporasi yang rasanya pekat. 

Kandungannya terdiri dari kurang lebih 340 kalori dan 20 gram lemak per cangkirnya. Susu evaporasi tidak ditambahkan pemanis sehingga rasanya cenderung gurih seperti susu segar biasa. Disarankan untuk tidak menggunakan susu evaporasi sebagai tambahan dalam pembuatan hidangan manis. Memiliki masa kadaluarsa 6 bulan sampai 1 tahun.

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *