Banyak sekali suguhan manis yang dapat Sobat Fenny kreasikan dengan palm sugar atau brown sugar.Tapi apakah Sobat Fenny tahu apa perbedaan Palm Sugar atau Brown Sugar? Yuk simak artikel berikut ini: 

a. Brown Sugar

Secara umum Brown Sugar terbuat dari kandungan sukrosa sebesar 95 persen dan sisanya adalah molase. Sukrosa terdiri dari 50 % glukosa dan 50 % fruktosa. Brown Sugar merupakan gula putih dengan penambahan molase pada sari tebu atau disebut tetes tebu.

Molase memberikan warna cokelat pada gula. Dalam memproduksi gula putih, molase dipisahkan dari sari tebu. Dalam brown sugar terdapat kurang lebih 10 persen molase yang ada. Jika diteliti, Brown Sugar dengan penambahan molase menghasilkan beberapa nutrisi seperti kandungan kalium fosfor, mangan, kalsium, zat besi, tembaga, dan juga magnesium. Kandungan alami dari palm sugar yaitu vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, seng, besi dan tembaga. Selain itu, kandungan inulin yang terdapat dalam Palm Sugar merupakan jenis serat makanan yang dapat memberikan nutrisi baik di usus karena bertindak sebagai prebiotik.

Brown Sugar mempunyai tekstur sedikit lembab karena penambahan molase. Untuk teksturnya sendiri berasal dari gula putih dengan butirannya yang halus, seragam serta mudah larut dalam cairan seperti mentega leleh.

  • Palm Sugar (Gula Kelapa)

Palm Sugar adalah gula yang berbentuk butiran, blok, atau cair yang terbentuk dari 2 tahapan. Pada tahap pertama, pohon kelapa menghasilkan nira yang dapat dikumpulkan. Selanjutnya nira dapat dimasak dengan api dengan menggunakan wajan yang besar sampai menguap. 

Prose karamelisasi menghasilkan gula yang berwarna coklat. Jika Sahabat Fenny ingin membeli palm sugar, pastikan dan periksa gula kelapa yang dibeli murni, tidak mengandung gula tebu pada label bahan. Untuk kandungannya sendiri, Palm Sugar memiliki kandungan sukrosa sebanyak 70 persen dan sisanya sebesar 30% yang terdiri dari molekul individu fruktosa serta glukosa.

Dalam Proses pembuatannya Palm Sugar terbentuk dari pengeringan getah sehingga menghasilkan butiran yang jauh lebih besar. Prosesnya pun dibuat secara alami, sehingga rasa dan tekstur yang diberikan tidak terlalu mencolok seperti Brown Sugar. Palm Sugar susah larut saat dicampurkan ke dalam mentega, sehingga meninggalkan corak butir pada makanan yang dipanggang.Palm Sugar akan larut dengan baik jika dicampurkan bahan yang bertekstur cair. Minuman kopi atau teh dapat ditambahkan palm sugar.

Pada satu sendok makan kedua gula tersebut ,mengandung kurang lebih 4 gr karbohidrat dalam bentuk gula, setara dengan 16 kalori per sdm.

Menurut penelitian American Diabetes Association, indeks glikemik dapat digunakan sebagai alat pengukur yang dapat membantu mengelola gula darah. Setiap orang mempunyai indeks glikemik yang bervariasi. Seperti pada makanan lainnya, jika berkonsumsi berlebihan gula pun memiliki dampak pada kesehatan.

Bagaimana Sahabat Fenny sudah jelas kan mengenai perbedaan antara Palm Sugar dengan Brown Sugar? Sobat Fenny tinggal sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ya, dan untuk segala merk Palm Sugar dan Brown Sugar telah tersedia di CV. Fenny. Happy Shopping!

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *