Sobat Fenny, pasti sudah tidak asing mendengar Pengembang Kue seperti Baking Soda (Soda Kue) Baking Powder, Cream of Tartar dan VX. Nampak serupa, akan tetapi kedua bahan kue ini memiliki fungsi yang tak jauh berbeda. Jika salah dalam penggunaan takarannya pun akan mempengaruhi hasil dan kualitas akhir kuenya.

Jangan khawatir Sobat Fenny, setiap bahan tersebut memiliki kegunaan, fungsi dan hasil kue yang berbeda. Meski keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama pengembang kue, namun fungsi kedua bahan tersebut tidak dapat menggantikan kegunaannya satu sama lain. Yuk kita kupas tuntas mengenai Pengembang Kue seperti Baking Soda (Soda Kue) Baking Powder, Cream of Tartar dan VX sebagai berikut:

  1. Soda Kue

Baking Soda digunakan pada adonan sebagai pengembang makanan yang mengandung natrium bikarbonat dan baking soda bersifat basa. Soda kue akan bereaksi jika dicampurkan dengan bahan asam dan cairan. Karbon dioksida dapat diproduksi jika bahannya aktif bereaksi, yang menghasilkan makanan yang telah melalui proses pemanasan sehingga menjadi mengembang. 

Baking soda (sodium bikarbonat atau soda kue) bersifat alkali dan bereaksi dengan asam seperti air jeruk lemon, yoghurt , cuka, buttermilk, sour cream, atau bahkan madu dalam membuat kue. Bahan tersebut perlu dilibatkan, agar baking soda menjadi aktif dan adonan mengembang. Baking soda memiliki kekuatan 3-4 kali lebih kuat dibandingkan baking powder.

Baking Soda disarankan untuk makanan yang dipanggang atau dikukus. Soda Kue biasanya digunakan untuk bahan pembuatan Caramel Cake, Terang Bulan sehingga hasil Cakenya terlihat menjadi bersarang. Untuk penggunaannya Soda Kue sendiri disarankan untuk dicampur dengan adonan yang mengandung bahan yang asam karena memiliki sifat alkali dan dapat bereaksi jika tercampur dengan bahan asam. Jika tidak dicampur dengan bahan yang berasa asam kue akan terasa pahit. Pencampuran baking soda dengan bahan asam harus langsung dibakar atau dikukus, agar proses pengembangan berlangsung dengan baik. Jika adonan sempat dibiarkan agak lama, hasilnya akan keras (bantat) karena proses pengembangan sudah terlewatkan.

  1. Baking Powder

Baking Powder sendiri adalah baking soda yang memiliki kandungan komponen asam seperti cream of tartar. Perbedaan dari Baking Soda dan juga Baking Powder yakni memiliki zat ragi lengkap seperti asam dan juga basa (natrium bikarbonat) yang diperlukan dalam proses pengembangan kue. 

Pada baking powder terdapat tepung jagung yang berfungsi sebagai penyangga yang dapat mencegah basa dan asam aktif selama penyimpanan. Setelah dicampur dengan cairan, baking powder akan melepaskan karbon dioksida dan bereaksi dengan natrium bikarbonat. Baking Powder mengandung cream of tar tar jadi Sahabat Fenny jangan mencampurkan bahan kue yang mengandung asam.Baking Powder memiliki 2 jenis reaksi yaitu Single Acting dan Double Acting.

Baking Powder Single Acting sendiri diaktifkan oleh kelembaban yang mengharuskan baking powder dicampur ke dalam adonan sesegera mungkin untuk dipanggang. 

Sedangkan Baking Powder Double Acting mampu bertahan sebentar sebelum dipanggang. Pada tahapan Double Acting, Baking Powder itu sendiri menciptakan dua reaksi yang terpisah: pertama, reaksi pada saat penggabungan dengan cairan pada suhu kamar, dan tahap kedua setelah pemanasan campuran.

3. Cream of Tartar

Cream of tartar termasuk jenis pelembut kue yang mempunyai ciri fisik yakni bubuk putih halus. Prosesnya berasal dari pemurnian tartaric acid yang diperoleh dari wine yang telah melalui proses penyulingan minuman anggur (wine). Selain itu fungsinya sebagai pengembang atau ragi. Perpaduan Cream of Tartar dan juga baking soda menghasilkan gas karbondioksida dan jenis gas yang dibentuk oleh ragi dalam proses pemanggangan.

Jika ingin adonan tidak kempis dapat memasukkannya ke dalam putih telur dalam pembuatan kue. Proses ini dapat mengembangkan kue karena adanya gas yang dikeluarkannya. Cream of Tartar berfungsi pembentukan kristal pada gula apabila ditambahkan sirup. Kandungannya yakni asam tartrat dan juga garam potassium (kalium).

Kegunaan dari Cream of Tar Tar yakni untuk membuat whipped cream dengan tekstur yang baik dan terasa asam. Agar adonan terlihat lebih mengembang, dibuktikan dengan adanya keluaran gas dalam adonan cake. Dapat menghasilkan tekstur yang keras pada putih telur yang dikocok. Dapat membantu adonan cake agar hasilnya lebih mengembang, selain itu jika Sahabat Fenny mengocok putih telur, hasilnya akan lebih mengeras.

4. VX

Kandungan kimia pada VX seperti sodium acid pirofosfat, sodium bicarbonate (NaHCO3), dan bahan pengisi seperti pati jagung. Bentuk VX adalah serbuk putih. Bahan ini kategorinya aman kehalalannya. Pengunaanya sekitar 1/2 sdt untuk 500gr tepung terigu. Campur dan ayak dengan tepung. Ada 2 macam pengembang yang dapat menggantikan VX yakni Baking Powder dan Baking Soda. VX merupakan bahan pengembang yang hampir sama dengan Soda Kue, Baking Powder, dan juga Cream of Tartar.

Memiliki fungsi yakni bersifat melembutkan adonan, namun sekaligus mengembangkan yang dikemas dalam satu kali pakai sehingga tidak perlu kerepotan menakar bahan pengembangankue dan juga pelembut kue (emulsifier) apabila terpisah. Langsung dapat dipakai tinggal sesuaikan dalam kemasan.

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *