Biji selasih dan biji chia atau chia seeds seringkali dianggap sama. Di negeri kita, biji selasih sangat identik sebagai tambahan untuk campuran minuman es atau takjil. Sementara, biji chia sering digunakan sebagai campuran makanan barat. Bentuk keduanya pun nyaris sama, dan memiliki persamaan yakni dapat mengembang jika direndam. Tetapi keduanya berbeda. Ingin mengetahui perbedaannya yuk simak artikel nya di bawah ini:

  1. Biji Selasih

Secara seksama, warna biji selasih yaitu hitam berukuran kecil dan juga bulat. Biji selasih diperoleh dari tanaman selasih (Basil/ Ocimum Basilicum). Biji selasih tidak dapat dikonsumi secara mentah. 

Prosedur pengolahannya yakni merendamnya di dalam air selama beberapa menit atau bahkan 1 jam. Sementara chia seeds bisa dikonsumsi baik dalam keadaan mentah maupun sudah direndam. Tergantung pada olahan yang ingin dibuat.

Rasa biji selasih menyerupai tanaman selasih dengan rasa yang ringan. Dapat mengembang dalam beberapa menit.Biji selasih memiliki kandungan seperti zat besi.

Biji selasih dapat juga berfungsi sebagai diuretik, dapat melancarkan pencernaan. Selain itu dapat meningkatkan kualitas darah. Tak hanya itu biji selasih sangat kaya akan lemak Omega-3 serta seratnya yang lebih banyak jika dibandingkan chia seeds, tetapi kandungan lemak Omega-3 nya lebih rendah. 

2. Biji Chia

Memiliki warna yang berbeda yaitu hitam, abu-abu, coklat dan juga putih. Chia seeds diperoleh dari tanaman chia (Salvia hispanica). Sementara chia seeds bisa dikonsumsi baik dalam keadaan mentah maupun sudah direndam. Tergantung pada olahan yang ingin dibuat. 

Chia seeds juga tidak memiliki rasa apa pun, sangat tepat dikombinasikan dengan berbagai sajian, karena chia seeds akan mengikuti rasa dengan bahan lain dalam olahan tersebut. Proses pengolahannya melalui perendaman dengan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembang.

Kandungan nutrisi dari kedua biji memiliki manfaatnya masing-masing. Jika Chia Seeds memiliki kandungan zat besi, untuk kandungan Chia Seeds yakni serat, protein, kalsium, antioksidan dan juga beberapa mineral lainnya.

Manfaat mengkonsumsi Chia seeds yakni dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh. Selain itu juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan membantu menjaga kesehatan jantung. Dapat dijadikan sumber asam lemak tinggi omega-3. 

Dapat menurunkan berat badan karena kemampuannya yaitu kaya serat sehingga menghasilkan rasa kenyang yang lebih. Jika Chia Seeds ataupun biji selasih direndam dalam air dapat membantu mengisi perut dan juga tubuh tidak kekurangan cairan. 

Bagaimana sudah paham kan mengenai perbedaan dari Chia Seeds dan juga Biji Selasih? Jangan sampai tertukar lagi ya! 

 

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *