Untuk sahabat Fenny yang lagi mulai belajar masak, harus pahami nih soft skill yang paling mendasar yang harus banget dikuasai yaitu mengetahui berbagai jenis aneka bumbu dapur. Bumbu masakan sendiri memiliki aneka ragam jenis dan memiliki kemiripan satu sama lainnya, jika Sahabat Fenny kurang paham dan tidak jeli mengakibatkan rasa makanannya berlebihan, aneh ataupun tidak berasa. 

Nah, banyak banget nih yang sering tertukar antara merica, ketumbar dan juga lada karena memiliki ciri fisik yang hampir sama. Tapi nyatanya beda loh! Yuk Sahabat Fenny simak penjelasan berikut supaya ga salah lagi!

  1. Merica

Merica adalah bumbu yang teksturnya masih utuh dan sedikit keras. Warna dari Merica sendiri yaitu hitam ataupun putih dengan aroma nya yang menyengat. Manfaat merica yakni dapat ditambahkan bumbu seperti sayur sup, tumisan ataupun masakan lainnya yang memiliki cita rasa yang kuat. 

2. Lada

Sebenarnya Lada itu adalah merica yang teksturnya dihaluskan menjadi tekstur bubuk. Memiliki manfaat yang sama dengan Merica yakni dapat ditambahkan ke menu makanan yang membutuhkan Lada. Menghasilkan cita rasa yang pedas. Lada memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kalian yakni seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, dan juga vitamin K

3. Ketumbar

Bentuk dari Ketumbar yakni warna nya kuning keemasan, butirannya lebih kecil jika kalian bandingkan dengan Ketumbar serta teksturnya yang lebih lembut dan juga teksturnya gampang retak karena pada bagian tengahnya yang kosong. 

 

Manfaat Ketumbar sebagai bumbu masakan yakni sebagai bahan bumbu masakan ringan atau penguat rasa yang dapat ditambahkan dalam bumbu makanan seperti bumbu masakan goreng lainnya. Karakteristiknya yakni menghasilkan aroma ringan yang khas. Perbedaan yang paling menonjol yakni ketumbar memiliki rasa yang tak sepedas merica.

Semoga kalian paham ya mengenai penjelasan di atas. Jangan sampai kalian salah memilih bumbu-bumbu di atas!

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *