Halo Sahabat Fenny apakah sudah tahu mengenai perbedaan Puding, Jelly dan Agar-Agar? Sudah pasti Sahabat Fenny sudah tahu ya, karena dari segi nama, tekstur dan cita rasanya yang berbeda bukan? Tetapi jika orang awam yang belum tahu pasti akan menganggapnya sama karena sama-sama memiliki tekstur yang kenyal. Tetapi sangat berbeda. Penasaran ingin tahu apa perbedaannya? Yuk simak artikel di bawah ini: 

  1. Pudding

Puding adalah hidangan penutup yang bahan baku pembuatannya terbuat dari  susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur yang dapat dihidangkan setelah didinginkan. Puding memiliki rasa manis dengan menggunakan perisa coklat, vanila maupun buah-buahan.

2. Agar-Agar

Agar-agar diolah dari rumput laut atau alga yang dapat dimakan. Jenis rumputnya sendiri yaitu Eucheuma spinosum (Rhodophycophytha). Agar-agar yang biasa kita jumpai yaitu berbentuk bubuk.

Agar-agar merupakan makanan yang sehat karena memiliki kandungan serat (fiber) lunak yang tinggi dan juga kalori rendah yang bermanfaat untuk melancarkan pembuangan sisa makanan di usus (laksatif). Proses pembuatannya yaitu dicampurkan air dan dimasak dengan api kecil. Setelah dimasak akan menghasilkan tekstur yang kenyal dan padat dengan jelly yang apabila dimasak dan mengeras akan lebih kenyal dan berair. 

3. Jelly

Bahan dasar dalam pembuatan jelly yaitu rumput laut (Amorphophallus konjac) yang diberikan perisa yang biasanya seperti coklat dan buah-buahan. Untuk tekstur pun jelly pun kenyal, mudah untuk dihancurkan dan sesudah dimasak akan lebih kenyal dan mudah berair.

Jelly pun sangat mudah untuk ditemukan di pasaran. Jelly merupakan bahan makanan yang memiliki banyak serat berfungsi untuk melancarkan pencernaan bagi metabolisme tubuh. Kandungan lemaknya yang sedikit sehingga baik bila dikonsumsi terutama yang sedang menjalani diet.

Jadi itulah perbedaan puding, agar-agar dan jelly ya Sobat Fenny. Sudah paham kan mengenai artikel di atas? Dari segi tekstur nya benar-benar berbeda ya Sobat Fenny, dan fungsinya sama-sama melancarkan pencernaan untuk yang ingin menjalankan program diet. Yang mau diet bisa membeli bahannya ya ya di CV Fenny!

Kamus Baking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *