Sahabat Fenny siapa disini yang tak mengenal Cincau? Pasti pernah kan memakannya? Cincau sendiri berasal dari Hokkian, yaitu xiancao. Memiliki ciri fisik yang berbentuk gel dan memiliki kemiripan tekstur yang lembut dan juga menyerupai agar-agar berasal dari tumbuhan Mesona spp. Dapat dihidangkan sebagai minuman dan tambahan dalam olahan puding. Pada umumnya Cincau memiliki 2 jenis tersendiri yaitu Cincau Hitam dan juga Cincau Hijau. Apakah Sobat Fenny tahu mengenai Cincau Hijau dan Cincau Hitam itu sendiri? Daripada bingung yuk kita kupas tuntas mengenai perbedaanya di bawah ini: 

Cincau Hijau 

Cincau ini memiliki ciri fisik dengan daun yang lebih lebar dan lebih besar. Warna daun yakni hijau tua memiliki bentuk yang menyirip dan agak sedikit kaku. Memiliki banyak manfaat seperti dapat mencegah penyakit kanker, melancarkan peredaran darah, mengobati diabetes melitus, serta mengatasi permasalahan pada lambung. 

Cincau Hitam

Cincau ini berasal dari tanaman Mesona Procumbens dan Mesona Chinensis. Sangat banyak ditemukan di China. Pada mulanya dikenal sebagai tanaman obat karena memiliki kandungan gelatin yang dipercaya dapat mengembalikan luka yang terbuka agar segera tertutup kembali. Di Indonesia sendiri, jenis Mesona Palustris yang dikenal dengan janggelan oleh masyarakat Jawa. 

Cincau sendiri pada umumnya merupakan makanan yang rendah kalori, namun tinggi karbohidrat sangat cocok dijadikan list menu diet. Serat yang dikandungnya mampu mengikat gula, lemak dan juga kolesterol sehingga menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung, membantu menghindari dari sembelit dan juga stroke. 

Itulah perbedaan dari Cincau Hitam dan juga Cincau Hijau ya Sahabat Fenny? Rasanya enak dan kaya manfaat, dan sangat tepat jika dikonsumsi bagi yang menjalankan program diet. Bagaimana masih ragu kah untuk mengkonsumsinya? 

Kamus Baking, Minuman Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *