Halo Sobat Fenny sering bingung kan mengenai Soun, Bihun, dan Misoa? Ketiga bahan tersebut sama-sama direndam dengan air panas dulu sebelum dimasak. Akan tetapi, sekilas ketiga bahan makanan tersebut terlihat sama, namun pada nyatanya ketiga bahan tersebut memiliki bahan dan fisik yang berbeda. Yuk simak berikut penjelasannya di bawah ini:

 

a. Soun 

Populer dengan nama Glass Noodle atau Mung Bean Noodle. Bahan Baku Soun terbuat dari pati kacang hijau. Namun kini ada alternatif lain dalam pembuatannya yaitu dari pati, kentang, ubi dan juga singkong. Walaupun bahan bakunya beragam, adanya isolasi pati pada proses pembuatannya sehingga rasanya tidak terasa pada produk soun.

Fisiknya cenderung transparan, tekstur kuat dan liat saat masih kering, kenyal, serta licin dan mudah terputus saat matang. Rasa Soun yang cenderung tawar, dapat menyerap rasa makanan dengan baik.

Sebelum dikonsumsi Soun dapat diproses dengan cara direndam 5-10 menit. Jika didiamkan beberapa saat setelah matang akan terasa lengket, dan menempel 1 sama lain. Sangat tepat untuk dijadikan makanan berkuah seperti sup, bakso, pempek, kimlo, soto, pempek, kimlo atau soto.

b. Bihun

Populer dengan nama Rice Vermicelli, Rice Sticks ataupun Rice Noodles. Adapun ciri dari Bihun itu sendiri yaitu warnanya yang lebih putih ataupun lebih kusam, mudah patah saat kering, dan teksturnya rapuh jika dibandingkan soun. 

Setelah dimasak, tidak mudah putus seperti Soun dan teksturnya tidak selicin Soun. Bihun terbuat dari tepung beras. Cara memasaknya sama seperti Soun, bihun dapat direndam dengan air panas. Waktu perendamannya yang singkat, 5-7 menit. Bihun dapat digoreng ataupun digunakan bahan baku menggunakan sup.

c. Misoa 

Berasal dari negeri tirai bambu, berbeda dari kedua dari bahan di atas. Warna yang dimiliki agak putih dan juga tidak transparan. Bahan bakunya yaitu tepung terigu dan memiliki tekstur yang lembut dan tipis. Masakan dengan bahan baku Misoa yaitu Cina, Taiwan, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand dan Filipina. 

Proses pengolahan Misoa yakni merendamnya menggunakan air panas sebentar. Misoa dapat dimasak menjadi hidangan seperti tumis atau ke dalam salad oriental. Hidangan yang dapat dicampur ke dalam misoa yaitu bakso, sup, mie, seafood ataupun digoreng.

Bagaimana Sobat Fenny sudah paham kan mengenai ketiga jenis bahan diatas? Dalam pembuatan makanan sesuaikan dengan resep nya ya Sobat Fenny! Jangan sampai salah pilih ya!

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *