Dalam dunia masak-memasak sebaiknya kita harus mengetahui nih apa saja bahan baku yang dapat dibutuhkan, terutama jika kita ingin memasak pastry atau baking. Contoh bahan baku yang sering digunakan untuk menambah rasa manis yaitu kismis. Namun, apakah Sobat Fenny tahu bahwa kismis memiliki beragam jenis yang berbeda? Untuk kali ini kita kupas tuntas dan bahas mengenai perbedaan antara tiga jenis kismis yang ada, dalam artikel di bawah ini ya! 

  1. Raisin

Jenis kismis ini paling kita sering jumpai. Kismis ini berasal dari pengeringan alami manisan anggur, sehingga kismis ini mempunyai warna hitam. Kualitasnya pun rendah dan termasuk harga yang murah. Adanya aroma khas karena memiliki kandungan konsentrat gula yang sangat tinggi. Adanya proses kristalisasi yakni buah melalui proses perendaman dengan air mendidih pada sari buah dalam melarutkan gula. Dengan proses ini menghasilkan tekstur yang kasar pada kismis 

2. Currant

Kismis ini disebut dengan currant, memiliki ukuran yang lebih kecil daripada raisin, serta cita rasanya yang lebih lembut dan manis. Terbuat dari manisan anggur merah yang melalui proses pengeringan secara alami. Memiliki ciri fisik yaitu warnanya memiliki kemiripan dengan kismis raisin yang hitam, jika dibandingkan currant warnanya lebih terang. Kualitas dan harganya berada pada posisi tengah, di antara kismis dan raisin. 

3. Sultana

Kismis Sultana ini memiliki ciri fisik yaitu berwarna emas kuning dan kehijau-hijauan. Warna yang dimiliki berasal dari anggur hijau (tanpa mengandung biji). Anggur ini pada mulanya memiliki sejarah ditemukan dan tumbuh secara alami di Australia, Turki, dan California. Dalam segi harga, posisinya lebih tinggi dibandingkan raisin dan currant. Harganya sebanding dengan kualitasnya yang sangat istimewa.

Itulah perbedaan diantara 3 jenis kismis yang dapat dipaparkan melalui artikel ini. Kismis memiliki berbagai jenis ragam dan mempunyai ciri khas sendiri, seperti cita rasa, tekstur, ukuran, warna, hingga harganya. Semoga artikelnya bermanfaat bagi Sobat Fenny yang ingin menambahkan kismis sebagai penambah rasa untuk masakan Sobat Fenny!

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *