Bagi Sahabat Fenny yang suka membuat kue, sudahkah Sahabat Fenny tahu mengenai perbedaan Icing, Glazing dan Frosting? Sahabat Fenny pasti sudah paham nih mengenai ketiga bahan penghias kue tersebut. Dari namanya kita sudah tahu ya pasti diciptakan untuk fungsi yang berbeda ya. Yuk simak mengenai cara penggunaan dan teksturnya ya!

  1. Frosting 

Frosting dapat digunakan sebagai lapisan bagian luar kue supaya tampilannya halus. Dari segi warna, warna frosting agak buram, agak kaku setelah mengering. Contoh Cream yang sering digunakan yaitu Whipped Cream, Butter Cream dan Cheese Cream. Untuk teksturnya sendiri cenderung fluffy, creamy dan terasa lengket jika disentuh. 

Pada pengaplikasiannya cenderung diberikan secara tebal dengan berbagai bentuk seperti Birthday Cake atau Cupcake. 

  1. Glazing Cair

Glazing merupakan cara menghias kue dengan cara permukaan cake seperti donat, cake maupun yang lainnya dilapisi menggunakan beberapa bahan kue yang memiliki sifat mengkilap maupun memantulkan cahaya yang berfungsi untuk cake terlihat lebih menarik dan juga cantik sehingga dapat memperkaya cita rasa dari cake tersebut. 

Adonan dasar glazing dapat dibuat bahan yang sederhana seperti gula halus, putih telur, lemak dan susu. Bisa juga menggunakan jus buah atau selai buah sebagai tambahan rasa dan aroma buah-buahan.

  1. Icing/ Fondant

Icing dapat diartikan sebagai lapisan gula sebagai lapis penghias cake yang padat. Memiliki ciri yakni adanya efek kilau yang dihasilkan oleh cairan kental dan jika Sahabat Fenny menuangkan cairannya ke atas cake akan mengalir secara perlahan. Penggunaannya dapat diaplikasikan pada atas permukaan kue kering, cinnamon roll dan juga donat.

Cara pembuatannya yakni mencampur bahan dasar yang berupa cairan seperti susu, air atau bahan tambahan yang lunak seperti keju krim lunak, mentega cair dan juga telur yang dapat ditambahkan pada bahan tersebut. Agar hasilnya lebih smooth dan juga berkilau dapat menambahkan gula bubuk yang dapat mempercantik penampilannya. 

 

Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan juga stabil, Sahabat Fenny dapat membeli bahan penghias kue di toko kami ya. Ada macam ragam jenis dan juga merknya. Setiap jenis memiliki fungsi dan kandungan yang berbeda.

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *