Halo Baking Lovers, pada saat pembuatan kue apakah Sobat Fenny paham mengenai Essen, Pasta dan juga Pewarna sebagai bahan tambahan pada Kue?

Ketiga bahan tersebut merupakan bahan yang opsional yang dapat Sobat Fenny pilih yang dapat disesuaikan dengan resep produk bakingnya. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda, jangan sampai salah menggunakannya ya Sobat Fenny! Fungsi dan penggunaannya sangat berbeda.

Yuk Sobat Fenny simak rangkumannya dalam artikel di bawah ini: 

  1. Essen

Esen atau essence adalah bahan tambahan cairan dengan memiliki aroma bahan makanan. Aromanya tajam menyesuaikan jenis makanan dan minuman yang dimiliki oleh esen tersebut. Pada Umumnya, esen tidak memiliki warna (bening). Esen memiliki warna yang tidak pekat dan berfungsi sebagai penanda jenis aroma. Jika ingin tambahan rasa dan aroma makanan tetapi tidak mempengaruhi warna, essen merupakan pilihan yang tepat. Secara umum kemasannya berbentuk botol kaca. 

Banyak ragam aroma yang dimiliki seperti buah-buahan, vanilla, susu, butter, kopi, rhum dan lainnya. Dapat digunakan untuk pembuatan adonan cake, roti, vla, puding, bahkan untuk aneka minuman dan makanan lainnya.

2. Pasta

Dikenal dengan istilah persia yang memiliki tekstur berupa cairan pekat, dengan komposisi utama yang terdiri dari perasa, aroma dan juga pewarna. Rasa pasta diantaranya pandan, coklat, vanila, santan, dan rasa aneka buah-buahan yang digunakan untuk adonan seperti roti, cake, buttercream, dan cookies.  

3. Pewarna

Pewarna makanan tidak memberikan rasa dan aroma, hanya berfungsi memberi warna pada makanan atau minuman. Jenis yang dijual biasanya berbentuk, cair dan bubuk. Pewarna cair terdiri dari dua jenis, yaitu berbahan dasar air (water based) yang dapat menyatu sempurna apabila makanan yang diolah banyak mengandung air (seperti adonan cake dan puding). 

Selain itu ada yang berbahan dasar minyak (oil based), yang menyatu sempurna apabila makanan yang diolah banyak mengandung minyak (seperti cokelat, butter cream, dll). Pewarna cair bisa langsung dicampurkan pada adonan kue, untuk pewarna bubuk disarankan untuk dilarutkan dahulu ke dalam cairan digunakan pada resep supaya hasilnya merata. Disarankan untuk menyimpan pewarna makanan pada suhu ruangan.

Jadi ketiga bahan pewarna tersebut memiliki perbedaan ya Sobat Fenny. Untuk penggunaannya memiliki dosis dan penggunaan yang berbeda-beda, maka dari itu harus perhatikan tulisan yang tertera pada label kemasannya ya Sobat Fenny!

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *