Tidak selamanya daging segar itu dapat awet dan memiliki kualitas yang tinggi. Walaupun ada freezer, kualitas dan rasa tak terjamin segar dalam waktu yang lama. Apalagi bagi Sobat Fenny yang suka masak tapi lagi sibuk, perlunya kecermatan dalam penyimpanan daging agar bisa dikonsumsi. Untuk Sobat Fenny yang ingin praktis bisa mencoba olahan daging dalam kemasan ya! Rasanya pun tidak jauh berbeda dengan daging segar, dan pastinya jauh lebih praktis dan juga awet. Berbagai macam olahan daging apa sajakah itu? Yuk simak penjelasannya sebagai berikut: 

  1. Sosis

Olahan daging ini sudah pasti tidak asing terdengar bukan? Sosis yang dibuat dari daging giling sapi atau ayam dicetak dalam bahan sintetis (plastik) supaya awet. Sosis hadir dalam berbagai rasa yakni blackpepper, keju, dan lain sebagainya. Dijual dalam bentuk siap makan atau mentah, yang dapat dibuat hiasan untuk mempercantik makanan

  1. Kornet

Daging olahan ini jadi terbuat dari daging giling sapi (bagian sandung lamur) yang melalui proses pengawetan dalam air garam kemudian direbus. Pada umumnya dijual dalam bentuk sachet atau kaleng kotak di pasaran. Tetapi kornet tidak 100% daging, nih. Terbuat dari campuran daging, gula, terigu, garam, dan juga bumbu lainnya. Bentuk daging kornetnya lunak dan berwarna merah muda. 

  1. Daging asap

Daging asap atau smoked beef/chicken sangat mudah ditemukan di pasaran, baik supermarket atau pasar tradisional. Olahan daging yang terkenal dengan bentuknya yang tipis dan tampilannya bulat. Tapi, daging asap dalam kemasan berbeda dengan daging asap segar, lho. Ternyata, daging asap secara harfiah merupakan daging yang diawetkan dengan cara pengasapan. Teknik ini sudah dilakukan sejak masa prasejarah. Wah lama sekali, ya? Daging asap ala Indonesia biasa digoreng, dipanggang, atau dibuat bahan isi risoles mayo atau chicken cordon bleu.

  1. Ham

Ham memiliki ciri fisik bentuknya menyerupai irisan daging tipis seperti daging asap. Di luar negeri, ham dikenal sebagai irisan daging babi pada bagian kaki belakang. Olahan daging yang mengalami proses pengasapan dan pengasinan dengan tujuan mengawetkan. Perbedaan di Indonesia sendiri, ham sangat identik dengan luncheon meat, yakni irisan kornet yang tebal dengan bentuknya persegi panjang. Ham di Indonesia dibuat dari daging sapi dan pada umumnya digoreng, dipanggang di atas wajan, atau dapat menjadi campuran sup rebusan dan juga lainnya.

  1. Nugget

Jika tadi kita membahas daging berwarna merah, namun kali ini kita membahas nugget. Kalau dari tadi kita lihat olahan daging berwarna merah, sekarang ada nugget yang terlihat ‘beda’. Bahan baku pembuat daging nugget sudah tercampur dengan bahan seperti tepung, pengemulsi, dan berbagai bumbu. Ada beragam jenis dan bentuk Nugget Frozen  , tapi yang paling terkenal yaitu Nugget Ayam. Nugget biasa disajikan bersama nasi atau dapat dijadikan camilan.

  1. Bakso

Sangat populer di Indonesia. Banyak ragamnya seperti bakso sapi, ayam, ikan, sampai seafood. Di Eropa sendiri memiliki bakso yang berbeda dengan Amerika, dan berbeda juga dengan Indonesia. Mereka hanya membulatkan daging giling hingga berbentuk bola dan langsung dimasak. Nah, bakso buatan Indonesia dicampur dengan tepung tapioka sehingga terasa kenyal. 

  1. Abon

Abon merupakan olahan daging yang unik. Bentuknya halus menyerupai benang wol dan berwarna coklat. Abon dibuat dari serat daging yang dikeringkan dan masa awetnya bisa berbulan-bulan. Abon sangat tepat dijadikan cadangan lauk bila tidak sempat memasak. Abon terbuat dari daging sapi, ayam, kambing, babi, domba, atau ikan. Selain stok lauk, abon juga sering dijadikan topping atau isian makanan. 

  1. Dendeng

Daging pipih yang dikeringkan dengan campuran bumbu ini cukup populer di Indonesia. Sama seperti abon, dendeng juga dijual dalam kemasan untuk jadi stok lauk. Dendeng memiliki tekstur yang keras dan bercita rasa gurih-manis. Olahan daging ini terbuat dari daging sapi, kerbau, babi, dan sebagainya. 

  1. Bacon

Daging tipis dengan memiliki warna merah-putih ini  sangat identik dengan menu sarapan. Warna merah-putih yang terdapat pada daging jenis ini merupakan perpaduan daging dan lemak. Makanya, bacon sangat terkenal di luar negeri karena rasanya paling gurih dari olahan lain. Di Eropa dan Amerika bacon dibuat dari daging babi, tapi di Indonesia ada bacon yang terbuat dari sapi. Bacon dapat digoreng, dipanggang, kemudian disajikan begitu saja dengan telur atau diselipkan di antara roti sandwich.

  1. Salami

Salami mempunyai bentuk yang utuh menyerupai sosis, dan sangat banyak dijual dalam bentuk irisan. Mempunyai  ukuran yang lebih kecil dari daging asap, dengan warna merah-putih dari campuran daging dan lemak. Di Indonesia Salami terbuat dari daging sapi dan babi. Olahan yang sangat populer sebagai pepperoni untuk topping pizza atau isi sandwich.

Dari semua olahan daging di atas, mana yang favorit Sobat Fenny, nih? Pasti Sobat Fenny susah banget kan milihnya? Bentuk dan jenisnya beragam, jadi kita bebas mengoperasikannya dalam berbagai hidangan. Disarankan untuk jangan terlalu sering makan daging kemasan, ya. Karena olahan daging ini melalui proses pabrik dan juga diberi bahan pengawet.

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *