Zaman sekarang ini banyak bermunculan perusahaan yang dapat memproduksi produk ramah  lingkungan, salah satunya yaitu produk kemasan makanan seperti kertas makan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas produk kemasan makanan yang ramah lingkungan. Kemasan ramah lingkungan dibuat dari bahan kertas dengan desain yang semenarik mungkin, dengan tujuan supaya semakin banyak yang dapat menggunakan kemasan yang terbuat dari plastik dan juga alumunium. Kemasan makanan yang dapat diproduksi oleh beberapa produsen sebagai berikut:

  1. Kertas tahan minyak (Grease Prof)

Kertas makan yang mempunyai daya tahan tinggi terhadap minyak terutama memiliki kadar lemak yang tinggi. Jenis kertas Greaseproof, sangat tepat digunakan untuk makanan yang mengandung minyak lemak.

2. Kertas Kraft

Jenis kertas ini lebih tepatnya digunakan sebagai kemasan makanan seperti keju ataupun makanan yang sejenisnya. Kertas jenis ini dibuat dari bubur sulfat dan kayu kraft (berasal dari Swedia dan Jerman). Karakteristiknya yaitu sifatnya lebih kuat dari kertas Glassine, sehingga bahan pangan jika dibungkus menggunakan kertas ini akan tetap kering apalagi permukaannya dilem dengan menggunakan resin.

  1. Duplex (Coated)

Memiliki perbedaan yang sangat signifikan jika dibandingkan pada jenis bahan lainnya. Jenis kertas yang memiliki 2 sisi yaitu sisi pertama berwarna putih yang ditaruh pada bagian luarnya. Pada sisi yang berlainan berwarna abu-abu. Kertas Duplex memiliki kegunaan sebagai alas buku jenis nota, terutama dalam pembuatan box packaging memiliki harganya yang relatif murah jika diperbandingkan dengan bahan lainnya. 

Pada umumnya dicetak pada bagian 1 sisi, sedangkan pada sisi lainnya berwarna putih. Gramasi yang umum dipakai 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, 400g.

  1. Kertas Ivory

Kertas yang aman untuk digunakan sebagai packaging makanan. Memiliki karakteristik 2 sisi yang berwarna putih perbedaannya hanya pada tekstur. Satu sisi memiliki tekstur halus dan sisi satunya lagi sedikit kesat seperti HVS. Biasanya Kertas Ivory digunakan sebagai Box Makanan atau Packaging Makanan karena kertasnya yang cukup tebal, kokoh, dan tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

Memiliki banyak peminat karena adanya kesan” Eksklusif” nya. Selain Exclusive sangat aman untuk menyimpan makanan seperti Paper Bag atau Dus Makanan. Sering digunakan oleh pengusaha Restaurant untuk mengemas makanannya Gramasi yang paling sering digunakan yaitu 210gr, 250gr, 300gr, 350gr. ·

Bagaimana Sobat Fenny sudah paham kan mengenai jenis-jenis kertas yang dijual di atas? Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Sobat Fenny ya!

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *