Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis jahe yang terkenal yakni jahe merah, putih, dan emprit. Jahe dipercaya memiliki kandungan empon-empon yang bisa mencegah virus corona. Di Indonesia sendiri, jahe yang paling populer yakni jenis jahe merah, jahe putih, dan jahe emprit. Tahukah Anda? Beda jenis, ternyata berbeda juga manfaat kesehatannya.

  1. Jahe Emprit

Jahe emprit memiliki warna putih yang agak keabuan dan ukuran jahenya sangat kecil, yakni panjangnya tak lebih dari 30 cm. Sangat mudah ditemukan di Indonesia karena jahe ini merupakan varietas lokal. Potongannya terlihat pipih dan juga melintang, dalamnya terdapat tekstur putih kekuningan, seratnya lembut, serta aroma yang dimiliki tidak terlalu tajam. 

Jahe Emprit dipercaya memiliki khasiat yakni anti inflamasi bagi tubuh sama seperti jahe putih. 

2. Jahe Putih

Jahe Putih dengan julukannya yakni jahe kuning besar, jahe gajah/ jahe badak. Jahe putih memiliki bentuk yang gemuk, terdapat potongan melintang berwarna putih kekuningan, seratnya yang sedikit, dan terasa lebih lembut. Sering kali dikonsumsi dalam keadaan yang muda, karena aromanya sudah tidak terlalu tajam dan tidak pedas lagi jika dirasakan. 

Jahe Putih dipercaya untuk meningkatkan imunitas tubuh, antimual, antiinflamasi serta meredakan nyeri otot. Diolah sebagai campuran obat herbal

3. Jahe Merah

Jahe merah sangat populer di Indonesia. Sangat mudah ditemukan di pinggir jalan sebagai bahan campuran untuk minuman jahe susu. Dari segi teksturnya sendiri, jahe merah memiliki serat yang lebih kasar, aromanya cukup tajam dan terasa lebih pedas dibandingkan 2 jahe lainnya. Jenis jahe merah sendiri dapat dijadikan sebagai bahan pengobatan karena kandungan yang dapat diambil yakni  ekstrak oleoresin dan minyak atsirinya. 

Sangat mencolok dan terlihat kentara warnanya, berbeda dengan jenis lainnya. Jahe merah sering digunakan sebagai anti inflamasi, antioksidan dan antiemetik (anti muntah) bagi tubuh

Secara umum Jahe memiliki kualitas yakni sebagai antiinflamasi bagi tubuh yang dibutuhkan orang dalam mengkonsumsi jahe. Baik jahe putih, merah maupun emprit. Ketiga jenis jahe tersebut memiliki manfaat yang baik dikonsumsi dalam tubuh. Sudah paham kan Sobat Fenny mengenai perbedaannya? 

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *