Pemerintah sendiri telah menerapkan kebijakan dalam menanggulangi permasalahan lingkungan hidup seperti pengurangan sampah plastik di berbagai wilayah. Dampak sampah Plastik adalah masalah yang serius. Plastik adalah salah satu bahan baku dalam pembuatan atau pengemasan berbagai jenis kebutuhan cairan seperti plastik, botol plastik, dan berbagai macam olahan dari biji plastik itu sendiri untuk keperluan lainnya. Plastik sendiri pun banyak sekali memiliki kelebihan jika dibandingkan bahan lainnya.

Plastik memiliki kesulitan untuk terurai yang dapat membahayakan lingkungan ekosistem. Dampak negatif plastik yang utama yakni ancaman polutan terhadap lingkungan laut. Generasi milenial pun menerapkan beberapa ide dalam pengolahan beberapa macam produk plastik seperti sedotan ramah lingkungan (biodegradable paper straw). Inilah beberapa jenis produk pengganti sedotan plastik biodegradable paper straw, yang dapat disimak dalam artikel berikut: 

  1. Sedotan Singkong

Sedotan singkong ini pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan Indonesia yang bernama Telobag. Manfaat sedotan Singkong yakni Singkong mudah menyatu dengan tanah sehingga dapat menjadi pupuk kompos secara alami dan terurai dalam waktu 2-6 bulan tanpa rekayasa. Di Toko Fenny ada sedotan Singkong yang diproduksikan oleh Avani Eco.

 

Memiliki bobot yang ringan jika dibandingkan logam. Kelemahannya yakni diameter pada lubang yang cukup lebar sehingga dapat digunakan untuk tekstur minuman yang lebih encer dan memiliki kesulitan karena minuman mudah menyangkut pada sela batang bambu.

  1. Sedotan kertas yang mudah terurai

Sebelum penggunaan sedotan plastik, sedotan jenis kertas ini lebih populer penggunaannya. Disarankan untuk penggunaan kertas yang dapat diurai secara alami dalam kurun waktu yang singkat. Contohnya seperti penggunaan biodegradable paper straw yang memiliki proses penghancuran dalam kurun waktu 40-90 hari saja. 

  1. Sedotan logam

Contoh bahan pembuatan dengan penggunaan logam yakni stainless steel, aluminium, dan juga titanium yang memiliki keunggulan ramah lingkungan karena keawetan bahan dan penggunaanya dapat digunakan hingga berkali-kali. Pilihlah sedotan logam yang terbuat dari logam anti karat sehingga aman penggunaannya. 

Biasanya saat pembeliannya, sudah dijadikan 1 paket dengan pembersih khusus yang ditaruh dengan penyimpanan kain, sehingga praktis jika dibawa kemana-mana. 

Bagaimana Sahabat Fenny sudah tahu kan beberapa jenis biodegradable paper straw yang telah dijelaskan diatas? Selain memiliki kelebihan, kini jenisnya pun dipercantik dan bervariasi. Bisa dibeli di Toko Fenny ya! Save earth to get saved your lives back! 

Picture source by: https://id.pinterest.com/pin/644296290424564599/

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *