Halo Sobat Fenny apakah disini Sahabat Fenny ada yang tidak suka makan Coklat? Rasanya ga deh, hampir seluruh masyarakat dunia pastinya sangat berminat untuk mengkonsumsi coklat. Walaupun ada beberapa ragam jenis coklat yang beredar, tetapi ada 2 jenis yang paling diminati yaitu Coklat Compound dan Cokelat Couverture. Apakah Sahabat Fenny sudah tahu mengenai perbedaan Coklat Compound dan Cokelat Couverture? Yuk simak artikelnya di bawah ini:

  1. Coklat Couverture 

Coklat Couverture sangat terkenal sebagai cokelat yang memiliki kualitas tinggi. Pembuatannya  dilakukan melalui proses penggilingan sehingga menghasilkan tekstur yang baik pada saat proses produksi. Memiliki kandungan Cocoa Butter dengan persentase yang sangat tinggi sehingga menghasilkan rasa yang sangat enak dan tekstur yang lebih lembut.  

Cokelat couverture sangat cocok disajikan dengan cara dilelehkan atau tempering yang dapat menjaga suhu coklat. Coklat ini sangat baik saat untuk melapisi kue atau cake karena pada saat dilelehkan, mempunyai tekstur yang lembut dan juga mengkilap. Tampilan yang mengkilap ini sangat tepat dijadikan sajian penutup atau sajian coklat celup.

Standar kandungan coklat Couverture di Amerika Serikat yakni minimal 35% cocoa mass dan 31% cocoa butter. Bahkan ada beberapa yang mengandung hingga 39 persen cocoa butter. Apabila kandungan cocoa butter menghasilkan lapisan coklat melalui proses tempering akan semakin baik jika memiliki kandungan sebanyak 54 %. 

2. Cokelat Compound 

Cokelat compound dapat dijadikan alternatif pilihan karena harganya yang lebih murah dari coklat couverture. Perbedaannya tidak mengandung cocoa mass tetapi mengandung lemak nabati. Coklat compound menggunakan bahan baku seperti bubuk coklat atau cocoa powder. 

Konsistensi dan rasa dipengaruhi oleh penggunaan coklat bubuk. Akan tetapi rasanya tidak seenak Coklat Compound dan tidak melalui proses tempering. Kebanyakan industri rumahan atau konsumsi pribadi karena lebih mudah diolah. Perbedaan yang mencolok yaitu coklat couverture kurang mengkilap dan dapat dihangatkan hingga pada suhu tertentu, tidak perlu diatur naik turun suhunya seperti pada proses tempering Coklat Couverture, tidak mudah meleleh dan praktis digunakan tanpa perlu mesin yang khusus. Mudah disimpan pada suhu ruangan. (suhu sekitar 8 derajat)

Sudah jelas kan Sahabat Fenny mengenai perbedaan Coklat Compound dan Couverture? Beda jenis  beda pula kegunaan dan rasa yang diberikan. Semoga bermanfaat!

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *