Bakers Lovers, sudah pasti tidak asing lagi mendengar Ragi. Ragi adalah bahan dalam membuat roti maupun cake. Ragi termasuk tumbuhan kategori berspesies jamur/ cendawan. Ragi adalah mikroorganisme sel tunggal dengan istilahnya Saccharomyces cerevisiae memiliki bentuk sel seperti  yang seperti telur. Jika terdapat gula dalam roti, ragi akan bekerja maksimal. 

Fermentasi yang terdapat pada ragi dihasilkan melalui pengembangan adonan dengan gas CO2. Gas CO2 berfungsi menghasilkan rasa serta aroma yang khas serta mampu melembutkan gluten Jenis ragi yang beredar diantaranya:

  1. Ragi basah/ ragi segar (fresh yeast)

Kandungan air yang cukup tinggi mengakibatkan umur simpan yang tidak lama sesuai dengan namanya yaitu Ragi basah.

Ketentuan suhu maksimal dalam penyimpanan ragi yakni 1°C. Adapun cara penggunaan ragi yaitu dengan meremasnya terlebih dahulu, lalu dicampur ke dalam adonan roti. 

2. Ragi koral (active dry yeast)

Ragi ini berbentuk berupa butiran kering dan aromanya yang khas. Cara menggunakan yaitu larutkan ragi ke dalam air hangat kuku dalam waktu 10 – 30 menit dengan perbandingan 1 (ragi) : 4 (air). 

3. Ragi instant (instant yeast)

Ragi ini berbentuk berupa butiran kering dan aromanya yang khas. Cara menggunakan yaitu larutkan ragi ke dalam air hangat kuku dalam waktu 10 – 30 menit dengan perbandingan 1 (ragi) : 4 (air). 

4. Ragi Tape

Ragi tape dalam pembuatannya dipengaruhi oleh beberapa campuran spesies seperti genus Saccharomyces, Aspergillus,  Candida, bakteri Acetobacter dan Hansenula.  Penggunaannya yakni sebagai pembuatan produk fermentasi contohnya yakni tape ketan dan tape singkong. Bahan baku ragi tape yakni tepung beras yang telah dicampurkan bahan lainnya sehingga dapat membantu proses fermentasi. 

Sudah paham kan Sahabat Fenny mengenai perbedaan diantara ketiga jenis ragi tersebut? Sama-sama ragi tapi beda fungsi dan manfaatnya ya, tinggal Sobat Fenny menyesuaikan sesuai dengan resepnya ya!

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *