Halo Sahabat Fenny udah pasti tahu kan beragam bawang yang digunakan sebagai penyedap makanan? So, banyak banget kan ragamnya. Jadi yang mau kita bahas yakni bawang bombay ya! Beragam jenis yang sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai olahan masakan yakni kaldu, saus, salad hingga sandwich. Menghasilkan rasa yang lezat dan memperkuat aroma pada masakan. Manfaat yang baik bagi kesehatan yakni  baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, hingga mencegah kanker.

Tahukah Sahabat Fenny, bahwa ada dua jenis bawang bombay yang sering ditemukan? Di pasaran sendiri Ada 2 jenis yakni bawang bombay putih dan bawang bombay merah. Keduanya terlihat secara mirip. Pingin tahu kan apa saja perbedaan kedua jenis bawang bombay ini? Yuk, kita kupas tuntas mengenai perbedaan bawang bombay merah dan putih yang wajib diketahui ya!

Ini perbedaan bawang bombay merah dan putih:

1. Ukuran dan bentuk

Ukuran kedua jenis bawang bombay ini hampir sama. Akan tetapi, layer pada bawang bombay merah lebih tebal sehingga ukurannya bawangnya menjadi sedikit lebih besar. Dalam segi bentuk, bawang bombay merah cenderung mirip dengan bawang merah, hanya saja ukurannya lebih besar seperti bawang bombay pada umumnya.

2. Rasa

Kedua jenis bawang bombay yang memiliki rasa yang kecenderungan mirip, dengan tambahan sedikit rasa manis dan teksturnya yang juga renyah. Perbedaannya yaitu, rasa bawang bombay merah cenderung lebih kuat dan tajam jika dibandingkan bawang bombay putih. Jenis bawang bombay merah tepat digunakan untuk makanan berkuah seperti sup rasa bawang bombay cocok untuk kuah sup dengan rasa yang kuat dan juga teksturnya lebih kental.

  1. Ketebalan kulit dan daging

Jika dilihat perbandingannya, kulit dan daging bawang bombay putih memiliki kecenderungan yang lebih tipis. Sedangkan bawang bombay merah memiliki jenis lapisan daging yang lebih tebal dan padat. Ini membuat bawang bombay merah sangat cocok digunakan sebagai bahan tambahan untuk mengentalkan saus serta kuah pada sajian sup. Untuk bawang bombay putih, lebih cocok digunakan sebagai penambah rasa pada makanan seperti misalnya tumis sayur.

4. Penggunaan

Tentunya memiliki perbedaan pada kedua jenis bawang ini, sangat tepat apabila penggunaan keduanya berbeda. Dapat dikonsumsi secara langsung dalam kondisi yang mentah maupun matang. Jenis bawang bombay Putih sangat umum digunakan masakan asli Meksiko dan juga Perancis, seperti sup ala Perancis. Jenis bawang Bombay Merah untuk sajian khas Eropa, selain itu dipakai sebagai bahan baku makanan Asia Selatan seperti India, Bangladesh, dan juga Pakistan yang dapat diolah sebagai makanan Kari. Di Indonesia sangat populer adalah bawang bombay Putihnya sebagai penambah rasa dalam masakan Nusantara, mulai tumis sayuran hingga cap cay. 

5. Warna

Sudah sangat jelas perbedaannya  antara bawang bombay merah dan juga bawang bombay putih. Ternyata warna yang berbeda dapat mempengaruhi jenis masakan. Banyak digunakan bawang bombay merah supaya terlihat menarik secara visual. Untuk bawang Bombay putih tidak meninggalkan warna apapun. Untuk keduanya hampir sama kandungan nutrisinya. Memiliki kandungan yang sama yakni menu diet, serta mengandung serat, vitamin C, flavonoid, fosfor, kalsium, serta potasium dalam jumlah yang sama. Sama-sama bermanfaat untuk kesehatan. 

Bagaimana Sobat Fenny sudah paham kan mengenai jenis-jenis perbedaannya? Ternyata hampir sama ya manfaatnya, sekarang hanya tinggal menyesuaikan dengan jenis resep pada masakannya saja.

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *