Jangan asal memotong Sayuran ya, ini merupakan ilmu dasar yang harus dikuasai dalam memasak! Bagi para Profesional Chef teknik ini biasanya dibagikan bagi para peserta didik sebagai ilmu dasar untuk ke tahapan ilmu masak selanjutnya! Walaupun hanya potongan sayuran tapi sangat berpengaruh loh terhadap sajian dan tekstur pada makanan yang akan disajikan! Langsung aja yuk kita intip cara-cara memotong Sayuran di bawah ini: 

  1. Julienne

Merupakan teknik memotong sayuran menyerupai korek api dengan panjang 3 cm x 1 mm x 1 mm. Potongannya bisa disesuaikan dengan selera kalian kok. Teknik memotong ini digunakan untuk sayuran seperti Wortel.

  1. Wedge

Teknik pemotongan sayuran yang memberikan bentuk segitiga (seperempat lingkaran). Setengah lingkaran pada salah satu bagian, dan runcing dalam 1 bagian lainnya. Contoh hasil pemotongan dengan bentuk Wedge ini yaitu Potato Wedges, tomat, dan juga jeruk. 

  1. Brunoise

Brunoise sebenarnya merupakan turunan dari potongan Julienne yang dipotong secara melintang. Memiliki ukuran 1 mm x 1mm x 1 mm. Ini merupakan teknik memotong dalam bentuk dadu, dikenal dengan nama potongan dadu halus memiliki ukuran yang sangat kecil. Potongan ini pada umumnya digunakan dalam isian kroket sayuran dan juga isian pastel. 

4. Batonnet

Hasil potongan dengan menggunakan teknik Batonnet yaitu ukurannya yang panjang dan berukuran tebal. Potongan Sayurannya yaitu Wortel dan juga Kentang, sangat tepat digunakan untuk memotong wortel dan juga kentang. 

5. Paysanne 

Hasil pemotongan menggunakan teknik ini berbentuk kotak, pipih dan ukuran yang dihasilkan yaitu 1 cm x 1 cm. Bahan yang digunakan dalam pemotongan teknik ini yaitu wortel, kentang, ataupun bahan lainnya. Bentuknya kotak tipis dan sangat tepat disajikan dalam isian soup. 

  1. Allumette

Teknik pemotongan ini lebih tebal dibandingkan Julienne. Memiliki panjang kira-kira 4-5 cm, ketebalannya yakni 5 mm atau ½ cm. Potongan ini diaplikasikan dalam berbagai bahan pelengkap untuk masakan Barat.

  1. Macedoine 

Memiliki kemiripan dengan potongan Brunoise dengan bentuk potongannya yaitu Dice atau Cube. Bentuk dadunya berukuran 1 cm x 1 cm x 1 cm yang sangat tepat untuk sajian salad buah.

  1. Chopped

Memiliki bentuk potongan yang tidak beraturan atau berbentuk cincangan dengan teksturnya yang halus ataupun kasar. Sangat tepat diaplikasikan dalam memotong bawang putih dan juga bawang Bombay.

  1. Chiffonade 

Untuk potongan dengan teknik ini dapat menghasilkan bentuk yang berupa irisan tipis dan juga melintang. Dapat diaplikasikan dalam berbagai jenis sayuran seperti lettuce sawi, kol, seledri, bayam maupun daun herbal dan sebagainya. Makanan dengan tambahan sayuran yang menggunakan teknik ini yaitu Bakwan maupun Salad. Langkah pertama dalam memotong teknik ini dapat menggulung bahan terlebih dahulu dengan cara menggulung bahannya kemudian dapat mengirisnya secara tipis hingga bentuknya irisan tipis melintang. 

  1. Shred

Pada umumnya potongan dihasilkan dari parutan, bentuknya menyerupai Chiffonade dengan bentuknya yang tipis dan juga panjang. Cara memotongnya menggunakan alat parut untuk rujak buah maupun parutan singkong untuk sawut.

Agar hasil potongan maksimal, yuk tetap perhatikan alat pemotong yang kalian dapat gunakan seperti pisau yang tepat dengan jenis bahan dan alas pemotongnya. Selain itu perhatikan cara memegang pisau agar hasilnya tepat dan tetap berhati-hati dalam penggunaan pisau agar tidak melukai tangan.

Itulah beberapa teknik pemotongan sayuran supaya bentuknya mudah dikonsumsi sekaligus mempercantik hasil potongan Sayuran kalian. Dari pemaparan teknik di atas yang mana nih teknik pemotongan Sayuran yang kalian perlukan?

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *