Di negara kita tercinta ini, banyak sekali kekayaan yang kita peroleh seperti bahan pangan contohnya yaitu kacang-kacangan. Kaya akan vitamin serta lemak, memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh serta rasanya yang gurih dan enak hampir semua masyarakat Indonesia mengkonsumsi kacang-kacangan. Berbagai macam jenis kacang yang kita temukan serta manfaatnya dapat kita ulas dalam artikel di bawah ini: 

  1. Kacang Mete (Cashew Nut)

Kacang jenis ini memiliki tekstur renyah dan gurih, dan sangat tepat untuk dijadikan camilan. Dihasilkan dari biji jambu mete (jambu monyet). Serta mengandung Nutrisi seperti magnesium, zat besi, fosfor asam folat, kalium, vitamin C, vitamin B6, kalsium, dan zinc. 

Manfaat bagi tubuh yaitu agar tulang menjadi lebih padat dan kuat, menjaga kesehatan jantung, mata dan memiliki kandungan serat yang tinggi untuk melancarkan pencernaan dan membuat efek kenyang lebih lama yang sangat tepat untuk yang sedang ingin menjalankan program diet.

2. Kacang Kedelai 

Kacang Kedelai dikenal sebagai bahan baku pembuatan tahu, tempe, dan juga susu kedelai. Kacang kedelai mengandung vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin B5 dan folat. 

Selain itu mengandung zat magnesium, kalium, selenium, besi, fosfor, mangan, dan zinc. Kacang kedelai juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, melawan serangan radikal bebas kanker, mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, dan juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

3. Kacang Tanah

Memiliki rasa yang gurih dan juga lezat dan banyak olahan makanan nusantara yang menggunakan kacang tanah sebagai bahan bakunya. Nutrisi yang dikandungnya seperti kalium, potassium, zat besi, karbohidrat, serta vitamin A, B, C dan E. 

Kacang tanah memiliki manfaat untuk kesehatan seperti mencegah kanker perut, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan jantung, serta membantu menurunkan berat badan.

4. Kacang Polong (Kapri/Encis)

Kacang polong dalam istilahnya (Pisum sativum L) adalah kacang yang memiliki bentuk hijau bulat, sangat tepat dijadikan bahan baku dalam sayuran, masakan bahkan camilan.

Kandungannya yaitu mangan, vitamin K, serat, kalori, protein, vitamin B1 dan B9. Manfaat untuk kesehatan tubuh yaitu menjaga kesehatan jantung, mengurangi gejala anemia, menstabilkan tekanan darah, sebagai metabolisme tubuh, menjaga kadar gula darah, menyehatkan sistem pencernaan hingga mengatasi hipertensi, dan melancarkan pencernaan.

5. Kacang Hijau 

Kacang berwarna hijau ini, sangat cocok dijadikan bubur kacang hijau untuk sarapan atau olahan makanan lainnya. Kandungan yang dimiliki yaitu protein seperti vitamin A, D, B12,  natrium, kalium, serta kalsium. 

Manfaat yang didapatkan yaitu sebagai antioksidan, mengurangi kadar kolesterol jahat, mengurangi tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, mencegah kanker, penyakit jantung serta mengurangi jerawat dan penyubur hormon.

6. Kacang Merah

Kacang merah memiliki kandungan yang sama dengan kacang yang lain yaitu seperti natrium, kalium, nutrisi karbohidrat dan juga seperti serat pangan dan gula, protein seperti A, D, B12 dan juga kalsium yang tentunya bermanfaat untuk nutrisi tubuh seperti mencegah kanker, diabetes, jantung, mencegah penuaan dini, melancarkan pencernaan, dan berkhasiat juga untuk menambah nafsu makan.

7. Kacang Tolo

Kacang tolo atau yang disebut kacang tunggak adalah hasil biji dari tanaman sejenis kacang panjang yang dapat diolah menjadi camilan ataupun campuran bahan aneka masakan, seperti sayur brongkos. Atau krecek. Kandungan yang terdapat di dalamnya yaitu zat gizi protein, zinc, folat, kalsium, serat kacang yang rendah lemak.

Memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan juga janin, serta bermanfaat untuk mengaitkan gigi, kekebalan tubuh, kesehatan jantung, serta mencegah sembelit.

8. Kacang Kenari 

Memiliki kandungan manfaat yang tinggi yakni tembaga, mangan, fosfor, magnesium, zat besi dan juga vitamin B6. Tak hanya itu. Merupakan sumber kacang terbaik yang berasal dari lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak omega 3.

Kacang Kenari memiliki beberapa manfaat yakni dapat mengendalikan berat badan, menutrisi vitamin untuk otak, menurunkan tekanan darah dan juga kolestrol.

9. Kacang Koro (Pedang)

Kandungan gizi yang dimiliki persis dengan kandungan gizi kacang yang dimiliki lainnya yaitu seperti kalium, zat besi, magnesium, fosfor, dan vitamin B12. 

Manfaat tersebut berdampak bagi kesehatan seperti mengontrol sistem saraf pusat, menjaga kesehatan jantung, menjaga kadar gula darah, mencegah hipertensi, menjaga imunitas tubuh serta meminimalisir risiko penyakit kanker.

10. Kacang Acorns

Kacang yang jarang sekali terdengar akan tetapi memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan pernah menjadi makanan pokok di seluruh dunia yang menjadi sejarah sebagai kacang diet di seluruh dunia sejak 6.000 sebelum masehi. 

Perlunya pemrosesan untuk mengurangi kadar tanin yang tinggi. Tidak sepopuler dahulu pada saat menjadi sumber makanan. Tetapi dapat digunakan dalam bahan masakan. Akan tetapi masih berguna sebagai bahan masakan. Contohnya yakni mie dan jelly acorn yang merupakan masakan Korea yang cukup populer. Menawarkan sumber mangan sebanyak 17% dari kebutuhan harian.

11. Kacang Almond 

Sudah tidak asing lagi terdengar, kacang ini merupakan kacang terpopuler di dunia. Berasal dari negeri Timur Tengah yang telah dibudidayakan sejak beberapa ribuan tahun yang lalu. Cara mengkonsumsinya yakni dalam bentuk utuh maupun diolah sebagai isian atau bahan makanan. 

Kandungan khas yang dimiliki yakni vitamin E dan juga mangan yang baik. Dalam satu ons nya (28 gram) menawarkan 48% dan juga 27% sebagai kandungan nilai harian.

12. Kacang Brazil 

Berasal dari Amerika Serikat tepatnya di hutan hujan Amazon. Dapat tumbuh di negeri tetangga juga seperti Kolombia, Venezuela dan juga Bolivia. Berasal dari pohon Bertholletia excelsa (atau dikenal sebagai pohon kacang Brazil).

Merupakan Kacang yang terbesar dari berbagai jenis varietas Kacang. Dapat diolah dengan berbagai macam hidangan, contohnya yakni Coklat yang berisikan kacang Brazil.

Cara mengkonsumsinya yakni dalam bentuk utuh maupun diolah sebagai isian atau bahan makanan. Kandungan khas yang dimiliki yakni vitamin E dan juga mangan yang baik. Dalam satu ons nya (28 gram) menawarkan 48% dan juga 27% sebagai kandungan nilai harian.

13. Kacang Macadamia

Termasuk kategori kacang dengan harga yang mahal yang berasal dari negeri Kangguru, Australia yang sudah diperjual belikan. Rasanya yang enak menyerupai rasa mentega yang gurih, padat dan kaya akan nutrisi. Kandungannya yakni mangan 51%dan juga titamin sebanyak 28%.

14. Kacang Pikan

Merupakan Kacang yang sangat populer dalam sajian makanan yang diolah dalam jenis panggang, dan dapat diolah menjadi dessert. Kacang ini merupakan sumber protein dan juga lemak nabati yang baik. 

Mengandung lemak nabati, protein, sumber tembaga sebanyak 38% dan mangan sebesar 56%. Bermanfaat untuk mengurangi kolestrol yang tinggi serta menurunkan tingkat LDL karena kandungan antioksidan dan sterolnya. Di negara Amerika terkenal sebagai penghasil kacang pecan secara global dengan hasil kacangnya yakni sebesar 250 juta pon kacang setiap tahunnya. 

15. Kacang Pistachio

Kacang ini berasal dari pohon Pistacia vera yang dijual dalam bentuk utuh beserta cangkangnya berwarna kuning kehijauan. Asal muasal kacang ini dari Timur Tengah yang dapat dijadikan oleh-oleh. Dapat disajikan dalam berbagai hidangan yakni camilan, makanan penutup. 

Kandungannya yakni Vitamin B6 28%, Tiamin 21%, Tembaga 41%. Kandungan kalium yang tinggi dan asam lemak yang tak jenuh memiliki sifat anti-inflamasi dan juga antiokasidan. Manfaat kesehatan lainnya yang diperoleh yakni menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung. Rasanya manis, ringan, gurih dan semakin lezat apabila ditambahkan sedikit garam. 

16. Kacang Edamame

Kacang ini merupakan kacang yang sehat karena tinggi protein nabati yang baik. Dikonsumsi dalam bentuk camilan yang direbus dalam air garam, dipanggang, digoreng maupun dijadikan bahan tambahan dalam sup. Kita juga bisa jumpai kacang ini disajikan dalam makanan Jepang. 

Cara pemanenannya saat teksturnya masih lunak, hijau dan muda. Kandungannya yakni bebas gula, rendah kalori, tinggi antioksidan dan tidak mengandung kolesterol. 

17. Kacang Hazelnut

Kacang ini kerap dijadikan sajian makanan dan juga minuman. Termasuk dalam kategori kacang dengan spesies Filbert. Memiliki ciri fisik yakni kulit yang berserat halus, aromanya yang khas dan juga bentuknya yang bulat. 

Biji Kacang Hazelnut memiliki banyak manfaat seperti kandungan asam lemaknya yang mirip dengan kandungan ASI. Produsen utamanya yakni Turki dan dapat tumbuh di negara lainnya seperti Amerika Serikat khususnya di Washington, Italia, Yunani, Spanyol dan juga Turki. Kandungannya yakni asam lemak tak jenuh, protein, zat thiamin, dan juga vitamin B.

Sering digunakan pada susu formula sehingga kandungan nutrisinya menjadi lengkap. Selain itu dapat menjadi bahan tambahan pada produk coklat.

Kacang-kacangan di atas merupakan kacang yang populer dan telah banyak dikonsumsi oleh warga seluruh dunia. Hampir semua kacang rasanya gurih dan banyak mengandung manfaatnya masing-masing. Dari semua variant yang telah dijelaskan, yang mana nih kacang favorit Sahabat Fenny?

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *