Cokelat merupakan makanan dan juga bahan makanan yang populer dan disukai oleh berbagai kalangan. Ada berbagai macam olahan coklat. Tanaman Coklat bisa diproses menjadi bejrbagai macam jenis seperti Coklat Bubuk, Coklat Batangan yang dapat dibuat Minuman atau Makanan.

Kita sering dibuat bingung dengan berbagai macam jenis olahan Coklat yang beredar di Pasaran. Coklat dibagi dalam berbagai jenis menyesuaikan dengan komposisi dan juga bahan yang digunakan. Jenis tersebut dapat disesuaikan dengan resep ya Sobat Fenny! Daripada bingung yuk kita lihat berbagai jenis Coklat berdasarkan komposisi dan fungsinya di bawah ini ya Sobat Fenny:

  1. Dark chocolate

Memiliki rasa yang sedikit pahit, diakibatkan karena pembuatannya tidak memberi bahan tambahan yaitu  susu cair. Dalam pembuatan dark chocolate menggunakan komposisi kakao yang digunakan sebesar 30 hingga 80 persen.

Dalam pembuatan Dark Chocolate sendiri selain menggunakan biji kakao, adapun bahan-bahan tambahan lainnya seperti cocoa butter, vanilla, gula, dan emulsifier juga ditambahkan untuk membuat dark chocolate berjenis batangan. Pada umumnya dark chocolate digunakan sebagai bahan campuran kue, tidak cocok jika disantap langsung karena rasanya yang pahit.

2. Milk chocolate

Suka membeli Coklat Batangan yang kerap dijual di Minimarket? Coklat tersebut tergolong Milk Chocolate. Milk Chocolate memiliki kandungan susu 12 % susu, minimum 10% coklat cair. Jika termasuk Coklat Batangan yang berkualitas tinggi biasanya menggunakan Kakao sebanyak 30% hingga 40%, yang biasanya diberi tambahan perisa vanila agar lebih manis. Lebih cocok untuk dimakan secara langsung.

  1. Coklat putih

Coklat putih bermanfaat untuk  mengontrol kolesterol. Cokelat Putih tetap mengandung Coklat, akan tetapi Cokelat Putih tidak mengandung cairan coklat sama sekali. Coklat Putih dibuat dari lemak kakao yang menghasilkan lemak putih, kakao murni yang dibutuhkan sebanyak 20 persen. 

Kurang tepat jika dikonsumsi ataupun diolah menjadi bahan makanan karena rasanya sangat manis dan creamy, dan lebih cocok digunakan sebagai bahan tambahan pelengkap minuman atau makanan yang bercita rasa pahit.

4. Unsweetened Chocolate

Kandungan dari Unsweetened Chocolate terdiri dari kakao cair dan cocoa butter, tanpa penambahan gula. Memiliki cita rasanya sangat pahit yang melebihi pahitnya dark chocolate karena tidak mengandung gula. 

Tampilannya berwarna gelap dan teksturnya yang kasar. Rasanya yang sangat pahit akan lebih tepat dijadikan bahan baku untuk makanan yang memerlukan gula dalam jumlah yang banyak seperti kue brownies.

5. Coklat bubuk

Coklat Bubuk dibuat dari coklat cair yang melewati proses penghancuran dan penghilangan sebagian kandungan lemaknya. Coklat bubuk dibedakan menjadi dua jenis, yakni coklat bubuk natural memiliki aroma rasa yang kuat dan ciri berwarna coklat muda, serta coklat bubuk alkalisasi dengan warnanya lebih gelap dengan aromanya yang lebih lembut. 

Coklat jenis ini sangat tepat dijadikan sebagai bahan campuran pada resep yang memerlukan tambahan baking soda karena coklat jenis ini memiliki cita rasa yang kuat dan asam. Sangat direkomendasikan untuk tambahan resep makanan yang memerlukan baking powder karena rasa asam pada coklat bubuk alkalisasi, tak terasa dan coklatnya terasa lebih lembut.

Bagaimana Sobat Fenny sudah paham kan mengenai perbedaan dari jenis Coklat di atas? Oh iya kami juga menyediakan berbagai macam jenis Coklat diatas. Jadi Sobat Fenny bisa lihat-lihat dan juga membeli produk dalam website kami www.fennyonline.id. Let’s buy it!

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *