Berbagai macam pilihan dan jenis sereal yang beragam dapat kamu pilih sebagai variasi menu sarapan. Selain enak, sereal juga memiliki banyak kandungan gizi yang menyehatkan. Biasanya sereal dikonsumsi pada pagi hari. Terbentuk dari proses ekstrusi jagung. oats maupun gandum. Adapun metode makan populer yang bisa diterapkan, yakni dengan menambahkan susu sapi cair, yogurt, air, atau bisa langsung dimakan tanpa campuran apapun.

Pada umumnya Sereal mengandung beberapa zat berikut yaitu: Magnesium, Zat besi, Vitamin A, B6, B12, C, D, Natrium, Kalium, Karbohidrat Protein, Gula, Serat Pangan dan juga Lemak. Banyak dan beragamnya jenis sereal yang dapat ditemukan, baik merk lokal maupun merk luar negeri. Yuk Sobat Fenny simak penjelasan berikut ini  mengenai penjelasan jenis sereal beserta merk produk terbaiknya: 

1. Sereal Oat

Sereal jenis ini terbuat dari Oat pilihan dengan bentuk yang beragam seperti bentuk biji oat yang kotak, oat utuh rapuh, ataupun lingkaran cincin kecil. Cara penyajiannya yaitu tuangkan air hangat ke dalam mangkuk sereal, kemudian tambahkan potongan buah segar ataupun dicampur pada susu cair. Kandungan Oat yang tinggi sangat baik bagi Sobat Fenny yang diet ataupun ingin memperlancar pencernaan. 

2. Cereal Malt

Sereal malt dibuat dari biji jelai yang kaya akan serat. Sereal Malt dijual dalam berbagai rasa seperti Coklat.

3. Cereal Manis

Sereal yang berbahan dasar oat dengan tambahan gula yang tinggi dan juga tambahan rasa lainnya seperti cokelat, rasa buah, dan lain-lain. Rasa manis ini banyak disukai oleh hampir semua kalangan. Tidak dianjurkan sebagai menu diet karena kalorinya yang tinggi seperti tinggi gula, apalagi jika dicampur dengan susu.

4. Whole Grain Cereal

Jenis sereal ini merupakan sereal dari biji-bijian berserat tinggi dengan tambahan atau tanpa campuran gula. Manfaat kandungan gizi yang diberikan untuk kesehatan seperti mengurangi kadar kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung.

5. Bran Cereal

Jenis Sereal ini cocok banget nih buat Sobat Feny yang lagi diet karena mengandung campuran beberapa jenis sereal, seperti kismis, cornflakes, dan aneka biji lainnya. Adanya kombinasi seperti rasa gurih, dan manis membuat santapanmu menjadi spesial apalagi jika ditambahkan susu rendah lemak. Manfaat Serat pangan yang tinggi mampu membantu melancarkan sistem pencernaan.

6. Cereal Granola

Jenis sereal ini hampir mirip dengan bran cereal, akan tetapi Sereal Granola sendiri terdiri dari biji-bijian berserat tinggi, dengan campuran potongan buah kering, dan kacang-kacangan. Memiliki rasa yang enak, dan kamu dapat jadikan pilihan sebagai topping smoothies juga

7. Cereal Organik

Jenis  terakhir yakni sereal organik yang dibuat dari bahan yang sama seperti sereal lainnya, namun dalam penggunaannya tanpa menggunakan pestisida maupun pupuk kimia sehingga lebih menyehatkan dan juga ramah lingkungan. Sangat cocok untuk dikonsumsi oleh para balita, karena kandungannya tinggi serat dan juga kaya akan vitamin.

Itulah beberapa jenis sereal yang beredar di pasaran. Mengonsumsi makanan sehat  bisa menjaga kebugaran tubuh serta fungsi organ-organ di dalamnya.

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *