Halo Sobat Fenny, siapapun pasti menyukai Yoghurt bukan? Yoghurt, selain rasanya yang nikmat dan segar dinikmati, biasanya menjadi santapan favorit bagi semua kalangan termasuk orang yang sedang menjalani program diet, karena Yoghurt dapat memperlancar pencernaan.

Yoghurt banyak mempunyai jenis serta manfaatnya pun setiap masing-masing Yoghurt berbeda. Yuk kita kenali manfaat-manfaatnya dalam artikel di bawah ini: 

  1. Greek Yoghurt

Greek yoghurt bertekstur lebih kental, karena proses pembuatannya, greek yoghurt ini menjalani proses penyaringan hingga tiga kali jika kita bandingkan dengan yoghurt biasa yang pada umumnya hanya dua kali. Pada saat diproses cairannya pun dibuang dan hanya yang tersisa yaitu bagian kental greek yoghurtnya saja.

Greek Yoghurt mengandung whey dan laktosa yang lebih rendah dibandingkan yoghurt biasa. Greek Yoghurt memiliki kandungan protein, rendah karbohidrat dan juga tinggi kalori. Bagi Sobat Fenny yang memiliki intoleransi laktosa, yoghurt jenis ini merupakan pilihan yang bagus untuk camilan.

2. Low-Fat Yoghurt

Kadang kita berpikir kalori yang dikandung lebih rendah, ternyata berbeda dengan namanya Low Fat Yoghurt ini malah mengandung gula yang lebih banyak. Kandungan gula ditambahkan agar rasanya lebih enak, karena kandungan lemak yang rendah membuat rasa yoghurt tidak senikmat full fat. Jika ingin Yoghurt dengan kalori yang rendah kami rekomendasikan untuk mengkonsumsi low-fat (rendah lemak).

3. Full-Fat Yoghurt

Yoghurt full-fat mempunyai kandungan kalori lebih tinggi, tetapi justru memiliki kandungan lemak trans alami yang tidak berbahaya. Manfaat yang didapatkan yaitu dapat mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan serta melawan kanker.

4. Non-Dairy Yoghurt

Bagi Sobat Fenny yang memiliki intoleransi laktosa, disarankan untuk mengkonsumsi yogurt yang terbuat dari bahan alternatif selain susu. Jika tidak bisa mengonsumsi produk berbahan susu, disarankan mencoba non-dairy yoghurt. Yoghurt jenis ini aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung laktosa serta kandungan lemaknya yang lebih rendah. 

Terbuat dari kacang kedelai atau kelapa, yang dapat dikonsumsi oleh vegetarian. Kekurangan dari Yoghurt ini memiliki kalsium yang sangat rendah.

5. Frozen Yoghurt

Dikenal dengan nama Froyo. Frozen Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu (tanpa krim) yang dicampur dengan gula dan susu sampai teksturnya menyerupai krim yang lembut dan padat. Dapat disajikan dengan jenis toping yang menarik. 

Froyo mengandung gizi yang lebih baik, kandungan lemak yang rendah jika dibandingkan es krim. Dalam pembuatannya tidak menggunakan krim sehingga memiliki kandungan lemak yang sedikit. Karena mempunyai kandungan probiotik yang tinggi, sehingga baik untuk yang ingin melancarkan pencernaan.

6. Plain Yoghurt

Plain Yoghurt merupakan alternatif solusi sebagai bahan baku dalam pembuatan kue. Dibuat melalui proses fermentasi tanpa pemanis maupun pewarna tambahan. Yoghurt jenis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di dalamnya terkandung berbagai nutrisi penting, seperti protein, kalsium, vitamin B, vitamin D, fosfor, magnesium, dan kalium. 

Yoghurt jenis ini tidak memiliki rasa dan tambahan gula sama sekali. Karena itu, kita akan menerima manfaat untuk meningkatkan kalori pada tubuh. 

Banyak sekali ya variasi, serta manfaat dari Yoghurt ya Sobat Fenny? Bagaimana sudah jelas kan? Jadi Sobat Fenny tinggal pilih sesuai selera dan kebutuhan Sobat Fenny ya! So, Let’s try it ya!

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *