Leading sauce yang  dikenal dengan Mother sauce (saus dasar) dibuat dari 6 bahan cair sebagai bahan pembuatnya. Beberapa bahan tambahan tersebut yakni susu, kaldu putih, kaldu coklat, pure tomat, mentega yang dijernihkan dan juga tambahan minyak. Berikut ini beberapa jenis saus dasar serta turunannya yang dapat digunakan dalam masakan kontinental ataupun western.

1. Bechamel Sauce

Saus Bechamel ini terbuat dari susu dengan Roux putih yang merupakan campuran dari tepung dengan tambahan yaitu mentega panas. Jenis turunannya yakni Mornay, Cream Soubise, Mustard, Horseradish.

2. Veloute Sauce

Terbuat dari bahan cair kaldu putih yang ditambahkan roux putih ataupun kuning. Bahan pembuatan veloute sauce roux dan tepung terigu, butter dan juga white stock. Turunannya yakni saus dari veloute sauce: Allemande, Mushroom, White Wine Sauce, Albufera, Normandy sauce, dan juga Supreme.

3. Brown Sauce / Espagnole Sauce

Terbuat dari bahan cair kaldu coklat dengan tambahan roux. Apabila espagnole sauce dimasak sampai kental akan menghasilkan Demiglace Sauce. Turunannya yakni: Diable, Madere, Perigeoux, Piquante, Robert, Charcuterie, Bordelaise, Chasesur, Bigarade, Red Wine Sauce, Mushroom, Zingara.

4. Tomato Sauce

Dibuat dari bahan cair tomat dengan tambahan stock dan roux. tomato sauce dibuat dari wortel, bawang bombay, bawang putih, tomat segar, tomato pasta, dan bumbu-bumbu (merica utuh, bayleaf, tyhme, dan oregano). Turunannya yakni saus dari tomato sauce: Americaine, Italianne, Spicy Sauce.

5. Hollandaise Sauce / Bernaise Sauce

Saus dasar dengan bahan tambahan mentega yang dapat dibuat dengan bahan cair seperti butter dengan tambahan kuning telur sebagai pengental. Hollandaise sauce harus disiapkan selagi hangat supaya menjaga agar telur tidak curding.

Turunan saus dari holandaise sauce (wine vinegar): Mousline, Riche, Maltaise.

Sedangkan turunan saus dari bernaise sauce: Rachel sauce, Choron sauce, Foyot sauce.

Saus jenis ini dapat klasifikasikan menjadi 3 macam yaitu:

6. Saus Minyak Selada

Saus jenis ini dibagi menjadi 2 yaitu vinaigrette sauce dan mayonnaise sauce.

  1. Vinaigrette Sauce terbuat dari cuka, mustard, minyak selada, peterseli / parsley yang dicincang dan tambahan chives. Turunan saus dari jenis ini yakni: Ravigote, Norvegiene, Pecheur, Nantaise, Cresonniere, Livournaise

2. Mayonnaise Sauce terbuat dari kuning telur dengan tambahan mustard, cuka dan minyak selada. Turunan saus dari mayonaise sauce: Remoulade, Tar tar, Andalouse, Chantily, Verte, Gribriche.

Bagaimana Sahabat Fenny sudah paham kan mengenai perbedaan Saus jenis diatas? Dapat disesuaikan dengan resep yang akan menjadi hidangan Sahabat Fenny ya!

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *