Halo Baking Lovers, setiap kue pasti memiliki ukuran yang beragam ya Sobat Fenny. Ukuran kue ada yang berbentuk kecil sampai besar. Setiap loyang memiliki fungsi yang spesifik dan disesuaikan dengan sajian makanan tertentu, menyesuaikan dengan resep dan teknisnya. Pemilihan loyang yang tepat akan memberikan hasil yang sempurna. Untuk Sobat Fenny yang belum paham mengenai jenis dan macam loyang yang ada, yuk simak artikel kami di bawah ini ya: 

  1. Baking Dish

Pemula Baking disarankan untuk membeli loyang jenis ini, yang dapat digunakan untuk membuat aneka kukis, kue kering, dan scones. Memiliki bentuk yang pipih pada bagian pinggirnya yang dapat berfungsi untuk mencegah cairan atau adonan kukis yang melebar tumpah saat dipanggang. Memiliki tinggi hanya 3 cm yang berfungsi memaksimalkan renyah pada tekstur kue kering. Loyang baking dish yang digunakan biasanya memiliki ukuran 30 cm x 20 cm

2. Roll Pan 

Sekilas terlihat seperti baking dish, namun memiliki perbedaan. Roll pan hanya dapat digunakan sebagai alat untuk membuat bolu gulung. Tinggi yang dimiliki yaitu 2,5 cm yang yang disesuaikan pada ketebalan bolu gulung. Tekstur yang dihasilkan yaitu bergelombang. Adapun jenis yang lain yaitu memiliki permukaan bergerigi. 

3. Bundt Pan

Loyang jenis ini sangat tepat digunakan untuk sponge cake atau chiffon cake. Jenis Loyang ini memiliki lubang pada bagian tengahnya yang berfungsi sebagai untuk penyebaran panas oven secara merata.Kue yang dihasilkan akan mengembang secara merata. Pastikan untuk menimbang adonan kuenya, karena jika kue dengan adonan yang sedikit tetapi loyang terlalu besar, maka kue yang dihasilkan akan bantat. Begitu juga sebaliknya.

4. Cake Pan

Cake pan adalah loyang yang mempunyai ukuran yang sangat bervariasi seperti bulat, persegi, persegi panjang, hati, dan masih banyak lainnya. Cake Pan yang biasanya ditemukan berukuran 20 cm x 20 cm x 5 cm yang dapat berfungsi sebagai membuat aneka kue seperti kue lapis, bolu marmer, dan ragam kue lainnya.

5. Tart Pan

Pasti Sobat Fenny sudah tidak asing dengan kue pie. Memiliki bentuk yang bergerigi karena bagian sisi loyang memiliki bentuk yang bergerigi. Pada bagian bawah loyang dapat dicopot sehingga dapat memudahkan untuk mengeluarkan pie yang sudah matang, sehingga kulit pie akan tetap utuh saat dikeluarkan dari loyang.

6. Loyang Muffin

Loyang muffin dapat digunakan untuk membuat Cupcake dan muffin. Biasanya terdiri dari 6-12 lubang yang memiliki diameter 8 cm per lubangnya. Banyak sekali varian ukuran yang dapat ditemukan, tinggal sesuaikan dengan resep dan pilihannya. Loyang ini harus diisi dengan paper cup sebelum diisi adonan dari Cupcake atau Muffin yang bertujuan agar kue yang sudah matang bisa lepas dari loyang. Berikan adonan sebanyak ¾ penuh supaya kue bisa mengembang dengan sempurna.

7. Springform Pan

Populer dengan nama loyang bongkar pasang yang memiliki springform berukuran tinggi 10 cm, diameter 20 cm serta memiliki kunci di bagian tepinya sehingga adonan pun tak akan tumpah saat dipanggang. Biasa digunakan dalam pembuatan Cheese Cake supaya terlihat lebih rapi. Cara penggunaannya yaitu dapat dilepaskan pada bagian tepi loyang ssehingga cheesecake dengan mudah dapat disajikan.

Ternyata ada beragam ya Loyang yang dijual. Yang mana nih jadi Loyang pilihan kalian?

Kamus Baking Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *